unescoworldheritagesites.com

BRI Apresiasi 40 Desa Terpilih dalam Inaugurasi Desa BRILiaN Batch 1 2024, Dorong Inovasi dan Digitalisasi Desa - News

Inaugurasi Desa BRILiaN Batch 1 2024: BRI Apresiasi 40 Desa Terpilih. (Promedia/suarakarya.id)

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI), bekerja sama dengan Pusat Penelitian Pedesaan dan Pengembangan (Puslitdesbangda) Universitas Sebelas Maret, telah melaksanakan serangkaian program pengembangan Desa BRILiaN batch 1 tahun 2024.

Inaugurasi program ini diadakan pada 4 Juni 2024 sebagai bagian dari rangkaian acara yang dimulai dengan Kick Off Meeting pada 22 April 2024 dan dilanjutkan dengan tahap pelatihan selama satu bulan.

Senior Executive Vice President (SEVP) Bisnis Ultra Mikro BRI, M. Candra Utama, menyatakan bahwa selama program ini, para peserta dari desa-desa terpilih menerima berbagai pelatihan dari BRI.

Baca Juga: Panglima TNI Cek Kesiapan Rumah Sakit Lapangan Satuan Tugas yang Akan Diberangkatkan Bantu Korban Konflik di Gaza

Pelatihan tersebut mencakup Leadership & Penguasaan Kompetensi, Kelembagaan Desa & BUMDes, Entrepreneurship, Inovasi Desa, Digitalisasi Desa, Teknik Komunikasi, serta materi tematik sesuai kebutuhan.

“Pelatihan-pelatihan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh setiap desa untuk mengembangkan potensi dalam rangka menjawab permasalahan dan tantangan yang ada di desa,” ujarnya.

Candra juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, memastikan bahwa seluruh rangkaian pelatihan Desa BRILiaN Batch 1 berjalan dengan lancar.

Dalam acara yang diadakan di Jakarta, 15 dari 40 desa terpilih akan mendapatkan pendampingan langsung dari BRI dan Puslitdesbangda Universitas Sebelas Maret.

Baca Juga: BUMD ini Gandeng BNP Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Berjualan di Pasar Sehat Banjaran Bandung

Menurut Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2023, hanya 46% dari 74.424 desa di Indonesia yang masuk dalam kategori maju dan mandiri.

Dengan kondisi ini, BRI berkomitmen mendorong pengembangan desa melalui program Desa BRILiaN.

Program ini bertujuan menghasilkan model pengembangan desa yang mengedepankan praktik kepemimpinan unggul dan semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program Desa BRILiaN telah menarik partisipasi lebih dari 3.000 desa yang berinisiatif untuk maju.

Baca Juga: Bank Jatim Bantu Perbaikan RTLH untuk Masyarakat Banyuwangi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat