unescoworldheritagesites.com

Askonas dan PMPI Dorong Kemandirian Ekonomi Berbasis Ecogreen Lewat Seminar - News

Ketua Umum DPP Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas), M Lutfi Setiabudi (tengah)

: Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) berusaha menggandeng berbagai kalangan untuk membantu mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis ecogreen.

Selain menggandeng mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia (PMPI), Askonas yang fokus pada ecogreen juga meminta pemerintahan yang baru agar organisasinya ikut dilibatkan.

"Kami minta dilibatkan agar kegiatan para anggota Askonas nantinya bisa sinkron dengan program pemerintah. Apalagi ecogreen ini kaitannya dengan keberlangsungan," ujar Ketua Umum DPP Askonas, M Lutfi Setiabudi.

Baca Juga: Eks Sekretaris PDIP NTB Diancam Dilaporkan ke Polisi, Punya Utang ke Kontraktor

Pihaknya berharap bisa mendukung program pembangunan 2-3 juta rumah pertahun. Penggunaan bahan daur ulang diharapkan bisa menekan biaya, terutama dalam kondisi ekonomi seperti sekarang.

Pentingnya kemandirian ekonomi berbasis ecogreen ini disampaikan disela Seminar Kemandirian Ekonomi berthema Penguatan Ekonomi Berbasis Ecogreen dan Implementasi Menghadapi Darurat Lahan Hijau di Fisipol Unesa Surabaya, Kamis (11/7/2024).

Dia menjelaskan bahwa kemandirian ekonomi yang mengandalkan sumber daya manusia dan sumber daya alam, sebisa mungkin harus berbasis Ecogreen.

Baca Juga: PT Penta Global Kontraktor Memberi Perlindungan Jaminan Sosial Lewat Program SERTAKAN

Pihaknya juga sudah meminta para kontraktor anggota Askonas, agar membuat bangunan dari bahan bangunan dari daur ulang. Sedangkan untuk ketahanan pangan diharapkan mengandalkan pupuk organik.

Untuk sektor peternakan, pihaknya juga sudah berkolaborasi dengan para peternak. Dalam hal ini pihak kontraktor mendesain bangunan kandang yang sehat meski bahan bangunan yang digunakannya menggunakan sisa daur ulang.

“Sedangkan untuk bidang peternakan kita isukan tentang pupuk yang berbasis organik. Juga berkolaborasi tentang berinovasi ternak yang lebih sehat,” ujarnya.

Baca Juga: Berpengalaman Tangani Proyek Strategis, Perusahaan Kontraktor Milik China Melantai di Bursa Efek Indonesia

Di kalangan internal, Askonas juga terus berusaha mengedukasi anggotanya, mulai dari membersihkan lahan proyek, hingga beragam program efesiensi.

Selama pembangunan proyek kontruksi misalnya diupayakan untuk menghemat air dan listrik. "Dalam pelaksanaannya juga harus diupayakan pemilahan sampah antara yang bisa didaur ulang dengan yang tidak.

Menurut Ketua DPW Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia (PMPI) Jatim, Ahmad Yusuf Al Hakim, dalam seminar ini pihaknya mengundang 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat