unescoworldheritagesites.com

Pegi Setiawan Bakal Gugat Ganti Rugi Ratusan Juta Rupiah Polda Jabar - News

Pegi Setiawan.



:  Tim penasihat hukum Pegi Setiawan menuntut ganti rugi ratusan juta rupiah kepada Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat usai gugatan praperadilan dikabulkan hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

“Rp175 juta dari dua sepeda motor yang ditahan Polda Jabar dengan ditambah penghasilan setiap bulan Rp5 juta sebagai kuli bangunan yang terhenti selama tiga bulan,” kata penasihat hukum Pegi Setiawan, Toni RM,  Selasa (9/7/2024).

Pegi Setiawan selama ditahan telah kehilangan penghasilan dan pekerjaan yang selama ini menjadi tumpuan hidup keluarganya. Sebagai kuli bangunan, menurutnya penghasilan kliennya itu cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya pendidikan kedua adiknya.

Baca Juga: IPSI Kota Bekasi Gugat Pengprov Jabar di PN Bandung

“Pegi kehilangan penghasilan. Maka kami berencana mengajukan gugatan ganti kerugian,” katanya.

Toni menyebut keluarga Pegi merasa malu dengan penetapan tersangka tersebut. Selain itu, pihaknya meminta Polda Jabar mengumumkan bahwa kliennya sudah tidak ditetapkan sebagai tersangka.

"Amar putusan rehabilitasi penyidik mengumumkan Pegi tersangka Polda Jabar untuk mengumumkan tidak lagi tersangka," katanya.

Hakim tunggal PN Bandung Eman Sulaeman mengabulkan permohonan praperadilan Pegi Setiawan terhadap Polda Jabar.

Baca Juga: Penggugat Batas Usia Capres Cawapres, Kini Justru Gugat Gibran Wanprestasi

“Mengabulkan praperadilan proses penetapan kepada pemohon atas nama Pegi Setiawan dinyatakan tidak sah dan dibatalkan demi hukum," kata Eman Sulaeman.

Penetapan Pegi sebagai tersangka pembunuhan Vina dan Rizky (2016) oleh Polda Jabar tidak sesuai dengan prosedur dan tidak sah menurut hukum yang berlaku. “Menyatakan tindakan termohon sebagai tersangka pembunuhan berencana adalah tidak sah dan tidak berdasarkan hukum,” kata hakim.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan Polri segera menangani kelanjutan kasus Pegi Setiawan berdasarkan putusan PN Kota Bandung, Jawa Barat.

"Ya tentunya itu akan didalami ya keputusan tersebut. Sebab, terkait  sah atau tidak status tersangka. Saya juga belum tahu isinya apa, tetapi yang jelas akan segera ditindaklanjuti," kata Sigit.

Baca Juga: Merasa Didiskriminasi, Anggota KPID Jawa Barat Gugat UU Penyiaran Ke MK

Dia memastikan jajarannya mematuhi dan menghormati putusan pengadilan. Hal itu sudah disampaikan ke Polda Jawa Barat melalui Kabid humas.

"Saya kira dan juga disampaikan oleh Polda Jawa Barat, melalui Kabid humasnya untuk langkah selanjutnya tentunya akan menunggu hasil lampiran dari keputusan ataupun tembusan dari keputusan tersebut. Jadi supaya bisa ditindaklanjuti,"  tutur Sigit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat