unescoworldheritagesites.com

Mahkamah Agung Tolak Kasasi Bekas Menkominfo Johnny G Plate hingga Statusnya Kini Menjadi Terpidana - News

Terpidana Johnny G Plate.

: Majelis hakim Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan bekas Menkominfo Johnny G Plate. Hakim juga menetapkan agar mobil mewahnya Land Rover milik Plate dirampas.

Selanjutnya status Johnny G Plate bukan lagi terdakwa, tetapi sudah menjadi terpidana setelah dilakukan eksekusi oleh eksekutor pada perkara yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap tersebut.

"Tolak kasasi terdakwa Johnny G Plate," demikian putusan kasasi di situs Kepaniteraan MA, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga: Terdakwa Galumbang Divonis Ringan, sedangkan Johnny G Plate Dihukum Berat hingga Langsung Ajukan Banding

Majelis hakim MA memperbaiki putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta. MA memerintahkan agar Land Rover milik Plate dirampas dan diperhitungkan sebagai bagian dari pembayaran uang pengganti uang negara yang dikorupsi Plate.

"Barang bukti berupa satu mobil Land Rover Nomor Polisi B-10-HAN, dirampas untuk negara dan diperhitungkan sebagai kompensasi pidana tambahan pembayaran uang pengganti yang dijatuhkan kepada terdakwa," demikian hakim agung dalam amar putusannya.

Putusan tersebut dijatuhan majelis hakim yang diketuai Soesilo dengan anggota Sinintha Yuliansih Sibarani dan Yanto. Saat ini putusan dalam proses minutasi.

Baca Juga: Sidang Kasus Terdakwa Johnny G Plate Berlanjut ke Pembuktian

Johnny G Plate di peradilan tingkat pertama divonis 15 tahun penjara, denda Rp 1 miliar subsider  6 bulan kurungan serta  uang pengganti Rp 15,5 miliar subsider 2 tahun kurungan jika tidak dibayar atau hartanya tak cukup untuk menutupi kerugian negara akibat perbuatan korupsi tersebut.

Johnny G Plate berharap dibebaskan atau dikurangi hukumannya beberapa tahun sewaktu mengajukan banding. Pengadilan Tinggi DKI Jakarta kemudian mengubah besaran uang pengganti yang dibebankan kepada Johnny G Plate menjadi Rp 16,1 miliar dan 10 ribu dolar Amerika Serikat dan jika terpidana tidak membayar akan dipidana penjara 5 tahun.

Baca Juga: JPU Minta Hakim Lanjutkan Sidang Kasus Johnny G Plate Beragendakan Pembuktian

Tidak pus dengan putusan banding tersebut, Johnny mengajukan kasasi. Hasilnya lagi-lagi tidak memuaskannya. Belum ada tanggapan dari penasihat hukum terpidana Johnny atas putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap tersebut. Belum diperoleh jawaban apakah terpidana akan mengakan upaya hukum luar biasa berupa Peninjauan Kembali (PK) atau tidak.

Plate dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi proyek BTS pada Bakti Kominfo. Kasus ini merugikan negara Rp 8 triliun.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat