unescoworldheritagesites.com

Pidato Presiden Jokowi di Depan Joe Biden dan Pemimpin Negara Mitra IPEF Singkat dan Tegas: Yang Penting Kerja Sama Konkrit! - News

Pidato Presiden Jokowi di Depan Joe Biden dan Pemimpin Negara Mitra IPEF  Singkat dan Tegas:  Yang Penting Kerja Sama Konkrit! (Tangkapan layar Youtube Setpres)

: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya implementasi kerja sama konkrit empat pilar prioritas dengan prinsip saling menguntungkan.

Hal itu disampaikan Presiden dalam pertemuan para pemimpin negara mitra The Indo Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Moscone Center, San Fransisko, AS, Kamis (17/11/2023) atau Jumat (18/11/2023) WIB.

“Kesuksesan IPEF akan sangat tergantung bagaimana peran semua pihak merasa saling diuntungkan,” ungkap Presiden Jokowi sebagaimana ditayangkan video di YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Kesuksesan Indonesia Gelar Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 Jadi Pembicaraan di Kongres IWUF ke-16/2023

Berikut ini pidato lengkap Presiden Jokowi di Pertemuan IPEF San Fransisko, AS tersebut.

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin mitra IPEF.
Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin mitra IPEF. (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Yang Mulia Presiden Biden dan para pemimpin negara-negara mitra IPEF

Indonesia selalu terbuka melakukan kerja sama dengan siapa pun berdasarkan prinsip saling menguntungkan.

Prinsip inilah yang menerapkan Indonesia berpartisipasi dalam perundingan IPEF saling memahami kebutuhan nasional terutama kepentingan negara berkembang adalah kunci untuk mewujudkan kerja sama yang baik.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Hutchison Kampanyekan Anti Hate Speech Lewat Kompetisi dan Festival Film Pendek

Kesuksesan IPEF akan sangat tergantung bagaimana peran semua pihak merasa saling diuntungkan, kerja sama pembangunan ekonomi hijau, kerja sama perluasan perdagangan dan investasi, kerja sama transisi energi dan penguatan rantai pasok mineral kritis akan menjadi pilar penting kerja sama IPEF.

Kita harus menghadirkan kerja sama yang konkrit di prioritas-prioritas tersebut dan saya mengapresiasi penandatanganan perjanjian pilar kedua mengenai rantai pasok, bentuk pencapaian konkrit negara-negara IPEF merespons gangguan rantai pasok global.

Saya juga menyambut baik penyelesaian substantif perundingan pilar ketiga yaitu ekonomi bersih dan pilar keempat, ekonomi yang adil.

Baca Juga: Sinema Keliling Hadir di Ambon, Upaya Gerakkan Sektor Ekonomi Kreatif

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat