unescoworldheritagesites.com

Hanya Lima Pemimpin Negara Sampaikan Pidato Sambutan di Pertemuan IPEF: Selain Tuan Runah Joe Biden, Ada Nama Jokowi - News

Hanya Lima Pemimpin Negara Sampaikan Pidato Sambutan di Pertemuan IPEF: Selain Tuan Runah  Joe Biden, Ada Nama Jokowi. (Kemenko Petekonomian)

: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan kemajuan signifikan yang dilakukan The Indo Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF).

Hal ini disampaikan Presiden Joe Biden ketika memimpin rangkaian negosiasi dan pertemuan para pemimpin negara yang tergabung dalam IPEF di Moscone Center, San Fransisko, Kamis (16/11/2023) atau Jumat (17/11/2023) WIB.

Pertemuan itu sendiri dihadiri oleh empat belas kepala pemerintahan mitra IPEF atau menteri yang mewakili, yang tujuannya memang untuk menyampaikan kemajuan perkembangan dan komitmen bersama yang ingin dicapai melalui kemitraan IPEF. 

Baca Juga: Jika Shakur Stevenson Duel Lawan Gervonta Davis, Tim Bradley Bertaruh untuk Kemenangan Stevenson, Apa Alasannya?

“Sejak pertemuan para kepala pemerintahan di Tokyo bulan Mei tahun lalu hingga saat ini, seluruh negara mitra IPEF telah mencapai kemajuan substansi dan konteks untuk 3 Pilar IPEF yaitu Pilar II Rantai Pasok, Pilar III Ekonomi Bersih, dan Pilar IV Ekonomi Adil,” ungkap Presiden. . Joe Biden.

Presiden Joe Biden juga menyampaikan bahwa seluruh mitra IPEF telah menandatangani MoU Perjanjian Pilar II mengenai Rantai Pasok, yang diharapkan membantu mengindentifikasi hambatan rantai pasok sebelum terjadinya gangguan.

Lebih jauh Presiden Joe Biden menekankan fokus pada sektor energi bersih. “Perjanjian Pilar III Ekonomi Bersih diharapkan dapat menciptakan percepatan transisi energi di kawasan Indo-Pasifik melalui terciptanya investasi Pemerintah dan sektor swasta yang lebih besar dalam inovasi energi bersih dan infrastruktur infrastruktur,” ujarnya.

Baca Juga: Di Depan Para CEO Silicon Valley, Menko Airlangga Tegaskan Fokus Indonesia ke Depan: Digitalisasi dan Dekarbonisasi

Beberapa kerja sama investasi di sektor energi bersih dengan Filipina, Thailand, India, dan India juga disampaikan oleh Presiden Joe Biden.

Khusus pada Pilar I Perdagangan, Presiden Joe Biden mengungkapkan bahwa seluruh negara mitra IPEF telah berupaya menunjukkan kemajuan dalam mencapai peraturan perdagangan yang berstandar tinggi termasuk penguatan standar aturan ketenagakerjaan dan lingkungan.

Para mitra IPEF juga berkomitmen untuk memperluas kerja sama untuk menghadapi tantangan dalam penggunaan kecerdasan buatan (artificial Intelligence), ketahanan energi, dan semikonduktor.

Baca Juga: Bank Indonesia Sebut Perekonomian Global Melambat tapi Jawa Timur Masih Sesuai Target

“Seluruh negara mitra IPEF juga telah sepakat meluncurkan dialog mineral kritis untuk memperkuat rantai pasok kedepannya dan membuat lapangan pekerjaan di sektor energi bersih,” tuturnya.

Presiden Joe Biden pun mengajak negara mitra IPEF berupaya mengarahkan kebijakannya menuju penerapan standar tinggi yang transparan, inklusif, dan inovatif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat