unescoworldheritagesites.com

Delapan Anggota Kongres AS Temui Jokowi di Istana Negara, Isu Ini yang Dibahas - News

Delapan Anggota Kongres AS Temui Jokowi di Istana Negara, Isu Ini yang Dibahas (Tangkapan layar Youtube Setpres)

: Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menlu Retno Marsudi menerima kunjungan delapan anggota kongres Amerika Serikat (AS) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Dari ke-8 anggota kongres AS tersebut, 6 di antaranya berasal dari Partai Republik dan 2 lainnya dari Partai Demokrat, terdiri dari 5 anggota kongres AS perempuan dan 3 laki-laki.

Mereka adalah Vern Buchanan (pemimpin delegasi), Norma Torres, Terri Sewell, John Rutherford, Claudia Tenney, Carlos Gimenez, Anna Paulina Luna, Jenniffer González Colón, serta Duta Besar AS untuk Republik Indonesia Sung Y Kim.

Baca Juga: Tak Bahas Spesifik Soal Politik (Koalisi Besar Plus) Ngopi Bareng Presiden Jokowi. Ini kata Airlangga

Dalam tayangan video di Youtube Setpres, Menlu Retno Marsudi menjelaskan, paling tidak ada tujuh isu yang dibahas dalam dalam pertemuan Kepala Negara dan para anggota kongres AS.

Salah satunya terkait pentingnya meningkatkan kemitraan setara atau equal partnership di antara kedua negara.

“Jadi partnership kemitraan yang didasari oleh kesetaraan dan menghasilkan kerja sama yang sifatnya win-win. Ini betul-betul ditekankan oleh kedua belah pihak, equal partnership,” ujar Menlu Retno dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pertemuan Presiden Jokowi dan Ketua Umum Parpol, Airlangga: Bahas Perekonomian dan Isu Stunting

Pertemuan tersebut juga membahas mengenai pentingnya melakukan kesepakatan perdagangan bebas terbatas atau limited free trade agreement antara Indonesia dengan AS dalam waktu dekat. Menurut Retno,

Indonesia, kata Menlu Retno, telah menyampaikan kesiapannya untuk mulai membahas kesepakatan tersebut.

Menurut Menlu Retno, Presiden Jokowi turut menyampaikan apresiasi atas dukungan AS terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN. Indonesia sangat menghargai dukungan AS tersebit sebagai salah satu mitra penting bagi ASEAN.

Baca Juga: Manuver Cantik Airlangga, Rayuan Maut Golkar kepada Demokrat

“Presiden juga mengharap agar Amerika terus memberikan dukungan, support terhadap implementasi dari ‘ASEAN Outlook on the Indo-Pacific’,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden juga menekankan pentingnya isu terhadap akses pasar dan perlakuan non-diskriminasi terhadap barang-barang ekspor Indonesia ke AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat