unescoworldheritagesites.com

Pengamanan Piala Dunia U-17, Polresta Solo Integrasikan Kamera CCTV ke TMC - News

Perwakulan dari FIFA saat berkoordinasi dengan Kapolresra Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi terkait pengamanan Piala Dunia U-17 (Istimewa)

: Polresta Solo mengintegrasikan 87 kamera CCTV yang ada di kawasan Stadion Manahan ke ruang Traffic Management Control (TMC) Satlantas Polresta Solo. Ini dilakukan untuk pengamanan gelaran Piala Dunia U-17 Grup B di Kota Solo.

Menurut Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, Senin (6/11/2023), hal itu dilakukan untuk memantau kawasan Stadion Manahan dan mencegah ada pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya event dunia itu.

"Jadi ini baru, sebelumnya belum pernah.Jadi CCTV ini terpasang di inti stadion yakni di lapangan, kemudian lapis luar, sampai dengan lingkar luar stadion yakni di jalan-jalan yang mengelilingi Stadion Manahan," jelas Iwan.

Baca Juga: Piala Soeratin U-15 Jabar 2023, Persebta Menang 3-1 Melawan Super Progresif Kota Bandung di Babak 16 Besar

Kamera CCTV ini akan berfungsi selama 24 jam. Selain itu dilengkapi dengan pendeteksi wajah. Ketika ada orang yang masuk DPO Polri masuk ke Manahan, akan menyalakan signal di TMC.

Tak hanya itu, kamera juga akan dilengkapi pendereksi retina. Sehingga bisa mendeteksi apakah penonton yang hadir terpengaruh miras atau narkoba. 

"Kamera CCTV tifak hanya dipasang statis tapi jiga ada yang terpasang di tubuh anggota, ada 12 kamera. Fungsinya sama, harapannya yang tidak terpantau kamera statis, bisa terpantau kamera yang terpasang di badan anggota," jelasnya lagi.

Baca Juga: Piala Soeratin U-15 Jabar 2023, Persebta Menang 3-1 Melawan Super Progresif Kota Bandung di Babak 16 Besar

Lebih lanjut Iwan mengatakan TMC akan menjadi posko Satgas Pengamanan Piala Dunia yang digelar di Stadion Manahan Solo.

Untuk pengamanan laga tereebut dikerahkan sebanyak 4.258 personil gabungan dari Polda Jateng. Selain untuk mengamankan jalannnya pertandingan, mereka juga akan  difokuskan untuk pengawalan. 

"Untuk memantau kelancaran arus lalu lintas kami memantau dari  258 titik CCTV yang terpasang di sejumlah sudut jalan Kota Solo," katanya lagi.

Kapolresta memgatakan untuk pengamanan,  pihaknya  mengaplikasikan bagaimana ketentuan FIFA. Sementara itu, sebelulnya perwakilan dari FIFA nampak mendatangi  ruang TMC Polresta Solo.

"Mereka datang untuk melihat bagaimana kami menyiapkan  personil sekaligus peralatan untuk pengamanan Piala Dunia U-17 di Kota Solo," pungkasnya. ***
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat