unescoworldheritagesites.com

Pemecah Ombak FABA PLN Nusantara Power Jadi Daya Tarik Pengunjung Pantai Plentong - News

Pemecah Ombak FABA yang diaplikasikan PLN Nusantara Power di Pantai Plentong

: PLN Nusantara Power (PLN NP) melalui salah satu unit pembangkitnya, UP Indramayu memanfaatkan dan mengubah Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) menjadi tetrapod atau pemecah ombak.

Belakangan FABA yang diaplikasikan PLN Nusantara Power di sekitar Pantai Plentong, Sukra, Indramayu ini berhasil mengubah pantai ini menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi.

"FABA yang kam jadikan tetrapod dan diaplikasikan di Pantai Plentong ini menjadi magnet menggaet wisatawan, di samping tujuan utamanya sebagai pemecah ombak penghalang abrasi," ujar Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah.

Baca Juga: Menhan Prabowo Terima Kunjungan Pendiri Emaar Properties UEA dan Menteri BUMN

Dia menjelaskan bahwa program ini dilatarbelakangi oleh kenaikan air laut pesisir pantai Jawa yang lebih tinggi daripada rata-rata global. Laju kenaikan air laut di pesisir Jawa mencapai 5,12 mm tiap tahunnya.

Angka ini lebih tinggi daripada kenaikan air laut global yang hanya berada di 3.1 mm per tahun. Dengan tingginya angka ini, terdapat resiko abrasi yang mengancam warga sekitar Pantai Plentong.

Desa Ujunggebang yang berlokasi di wilayah sekitar UP Indramayu, kata dia, telah terjadi hilang lahan sebesar 15,83 Ha daratan (terhitung 2008-2017) akibat abrasi yang terus terjadi.

Baca Juga: Pulau Seram Provinsi Sendiri, Lepas dari Maluku Ide Produktif butuh Dukungan Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Jika tidak ditemukan solusinya, abrasi ini berpotensi menggerus lahan pertanian warga akibat terpaan air laut.

Berdasarkan social mapping yang dilaksanakan di Desa Ujunggebang pada tahun 2017, terdapat pengurangan fungsi lahan mencapai 50 Ha yang berpotensi mengancam pemukiman bagi 4.546 penduduk.

PLN Nusantara Power melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli by PLN Nusantara Power melihat potensi yang bisa dikembangkan di wilayah sekitar yang berbasis pengelolaan FABA.

Baca Juga: Survei Tertinggi, FBJ Inginkan Anies Baswedan Kembali Pimpin Jakarta

Potensi ini juga sekaligus dapat mengubah wajah kawasan menjadi kawasan wisata dan memutar roda perekonomian warga sekitar.

PLN NP, kata dia, telah menerjunkan tim terbaiknya dalam melihat, memetakan dan juga merumuskan program CSR untuk mengatasi masalah abrasi ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat