unescoworldheritagesites.com

TNI - Polri, Habib Lutfi Ajak Masyarakat Dorong Polri Laksanakan Tugas Dengan Baik - News

Dialog Kebangsaan 'Internalisasi Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Transformasi Polri Presisi Menyongsong Indonesia Emas'

 
: Terkait TNI dan Polri, Ulama kharismatis sekaligus anggota Dewan. Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Lutfi bin Yahya minta agar masyarakat tidak membesar-besarkan persoalan yang terjadi di kedua lembaga tersebut. 
 
Sebaliknya, ujar Habib Lutfi, masyarakat harus mendorong agar TNI dan Polri bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
 
"TNI dan Polri sudah membuktikan berhasil menjaga stabilitas bangsa dengan baik dalam Pilpres, mari kita dorong agar nanti dalam Pilkada serentak  juga berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik," tutur Habib Lutfi, dalam Dialog Kebangsaan 'Internalisasi Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Transformasi Polri Presisi Menyongsong Indonesia Emas', di the Tribata Hotel, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024). 
 
 
Habib Lutfi tidak menampik adanya benturan di antara lembaga-lembaga negara sebagaimana disampaikan oleh peserta dialog. Namun, dia menolak berkomentar lebih jauh.
 
Karena, imbuhnya, yang lebih penting adalah tugas masyarakat sebagai warga negara, agar setiap lembaga negara bisa melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik.
 
Anggota Wantimpres itu mengenukakan, partai politik silakan melakukan demokrasi dalam Pilkada serentak. Tapi, dia mengingatkan di atas semua kontestasi kepentingan, persatuan dan kesatuan bangsa harus diletakkan di atas segala hal.
 
 
"Bangsa ini bukan bangsa ecek-ecek. Ini bangsa besar yang peradabannya sudah dibangun jauh sejak masa Syailendra, Airlangga, Mataram, Sriwijaya, masa kemerdekaan, hingga masa pembangunan," tutur Habib Lutfi.
 
Dia minta kearifan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh politik, serta tokoh lainnya untuk bergandengan tangan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai kekuatan bangsa digoyang-goyang.
 
"Untuk Indonesia kita harus jaga TNI - Polri tidak boleh dipecah-pecah dan diadu-adu," ujar Habib Lutfi.
 
 
Sejak Dini
 
Dalam acara yang dihadiri Wakapolri Komjen Pol Agus Adrianto, para pejabat utama Polri, jajaran Polda dan Polres di seluruh tanah air melalui zoom, unsur pemuda dan mahasiswa itu, Deputi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Surahno mengingatkan, pentingnya internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk memperkuat ketahanan bangsa.
 
"Internalisasi dan aktualisasi ini harus dilaksanakan sejak usia dini," ujar Surahno.
 
Dia juga mengingatkan tugas itu harus dilakukan seluruh unsur masyarakat. Tidak bisa dibebankan kepada BPIP saja.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat