unescoworldheritagesites.com

Menyambut 1 Muharam, Kecamatan Rawalumbu Menabur Pluralisme Pancasila - News

Menyambut 1 Muharam, Kecamatan Rawalumbu menabur pluralisme Pancasila, Jumat (5/7/2024). (FOTO: Dharma/Suarakarya.id)

: Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Rawalumbu, Yudistira, mengusung nilai-nilai pluralisme Pancasila.

Acara yang digagas setiap tahunnya oleh Pemkot Bekasi ini bertujuan memperkuat semangat toleransi dan keberagaman di tengah masyarakat Bekasi.

Pawai 1 Muharam ini melibatkan jajaran pemerintah daerah, 56 Kelurahan, 12 Kecamatan dan elemen masyarakat, mulai dari tokoh agama, pemuda.

Yudistira berharap inisiatif ini dapat menjadi wadah untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai dengan semangat yang diusung oleh Pancasila.

Baca Juga: Resmikan Pojok Pengawasan, Bawaslu Kawal Hak Pilih Warga Kota Bekasi

"Kami ingin menyampaikan pesan bahwa semangat pluralisme Pancasila harus terus kita pelihara. Ini adalah momen yang tepat untuk merefleksikan nilai-nilai toleransi, persaudaraan, dan kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Yudistira kepada awak media, Jumat (5/7/2024).

Acara ini mendapatkan antusiasme tinggi dari warga, terlihat dari banyaknya partisipasi.

Tokoh masyarakat setempat menyambut positif langkah ini. 

Baca Juga: Ketua Pena 98 Kota Bekasi: Deklarasi Segera Digelar dan Fokus pada Pilkada

"Konsep ini sangat relevan dengan kondisi masyarakat kita yang heterogen. Melalui kegiatan seperti ini, kita dapat lebih memahami dan menghargai perbedaan,” ujar salah satu peserta acara pawai 1 Muharam. 

Adapun rute pawai 1 Muharam ini berjarak 5 kilo meter mulai titik kumpul di Pemkot Bekasi, Jalan Ahmad Yani menuju Alun-Alun Hasibuan, Bekasi Selatan. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat