unescoworldheritagesites.com

ISI Solo Gelar Festival Pasca Penciptaan 2024, Puluhan Karya Mahasiswa Pascasarjana Dipamerkan - News

Konferensi pers terkait Festival Pasca Penciptaan ISI Solo (Endang Kusumastuti)

: Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, menggelar Festival Pasca Penciptaan 2024, mulai tanggal 12-14 Juli 2024. Event yang didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbudristek) tersebut digelar di Kampus ISI Solo dan Pura Mangkunegaran.

Festival Pasca Penciptaan 2024  dikemas dalam konsep pergelaran (performing art), pameran seni (art exhibition), seni media (media arts), orasi secara performatif (show brain), dan seminar bertema "Pasca Penciptaan Lalu Apa yang Akan/Telah Dilakukan?"

"Festival Pasca Penciptaan 2024 merupakan medium bagi para seniman, dalam hal ini mahasiswa pascasarjana ISI Surakarta, untuk menghasilkan karya yang mengutamakan nilai-nilai budaya Nusantara," jelas Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Ahmad Mahendra, saat konferensi pers Festival Pasca Penciptaan 2024 di Lobby Teater Besar Gendhon Humardani ISI Solo, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: Roman Gonzalez Masih Haus Gelar Dunia, Ingin Tutup Karier dengan Gelar Kelima di Kelas Berbeda

Menurut Mahendra, festival ini juga menjadi ekosistem budaya yang kohesif di ISI Solo dalam menjaga tradisi melahirkan seniman-seniman hebat.

"Kami bangga kerja sama dengan ISI Solo. Tujuan kami mendorong para alumni ISI untuk berkarya, dan saya minta ISI Solo untuk memantau lulusan yang terus membuat karya," katanya.

Menurut Mahendra, kolaborasi dengan pelaku seni terus dibangun agar semangat dan inspirasi berkarya tidak pupus. Hal ini akan terus dijaga keberlanjutannya, untuk memperkuat ekosistem kesenian di tanah air.

Baca Juga: Blusukan ke Pasar Depok, Gusti Bhre Tegaskan Hanya Silaturahmi Bukan Persiapam Pilkada Solo

Festival Pasca Penciptaan 2024 diinisasi oleh program pascasarjana ISI dengan mengusung  tema “60 Tahun ISI Solo: Transformasi dan Jati Diri untuk Kejayaan Negeri”.

Menurut  Ketua Festival Pasca Penciptaan 2024, Eko Supriyanto atau Eko Pece, dalam kegiatan itudipamerkan sejumlah karya seni terbaik mahasiswa pascasarjana ISI ke hadapan publik.

"Ada 8 karya untuk seni pertunjukan, 4 karya performing art, 3 karya film, 6 karya show brain. Dan ada karya yang menjadi gong tanggal 13 Juli jam 3 sore ada ujian terbuka dan promosi doktor S3 anak teater," jelas Eko.

Baca Juga: Kini, Saatnya Jatah Penerimaan Catam Hingga Akpol dan Akmil di Indonesia Sama Perlakuannya Seperti Papua

Sementara itu, Rektor ISI Solo, I Nyoman Sukerna, mengungkapkan Festival Pasca Penciptaan 2024 adalah ajang kolaborasi, sinergi, dan komunikasi publik untuk menyampaikan kepada masyarakat.

“Institusi ini telah banyak menghasilkan lulusan yang berwawasan global dengan mengutamakan nilai budaya Nusantara lewat karya cipta," kata Sukerna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat