unescoworldheritagesites.com

Jokowi-Pompeo Tegaskan Kemitraan Strategis Indonesia-AS - News

Presiden Jokowi dan Menlu Pompeo. (BPMI Setpres)

BOGOR: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pompeo (Mike Pompeo) 

di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). 

Menlu AS Mike Pompeo tiba di Istana Bogor sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung disambut Menlu RI Retno LP Marsudi. Kemudian, Menlu AS diajak Presiden berbincang sejenak di beranda Istana Bogor, dilanjutkan dengan pertemuan bilateral.

Presiden Jokowi dan Menlu Pompeo tampak sama-sama mengenakan masker dan setelan jas resmi sesaat sempat melambaikan tangan mereka dari beranda Istana Bogor.

Presiden menyambut baik kehadiran Menlu AS,  yang dinilainya menunjukkan arti penting kemitraan strategis antara Indonesia dan AS.

“Kunjungan Anda di tengah pandemi ini menunjukkan arti penting kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat," kata Presiden Jokowi mengawali pertemuan mereka. 

"Dan, selama pandemi ini, saling kunjung antara pejabat kita cukup intensif, bahkan dapat saya sampaikan paling intensif,” ucap Presiden pula seperti dilaporkan Humas Kemlu via Sekretariat Presiden.

Sebagaimana disampaikan Menlu RI Retno LP Marsudi, dalam pertemuan dengan Menlu AS, Presiden menyampaikan komitmen untuk bermitra dan berteman baik dengan AS. “Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia,” ujar Retno mengutip pernyataan Presiden.

Menurut Retno, Presiden mengungkapkan bahwa kemitraan kedua negara tersebut harus dipelihara melalui upaya yang serius.

"Untuk memelihara kemitraan ini diperlukan upaya yang serius dan pemahaman satu sama lain, serta diperlukan juga upaya untuk mewujudkan kerja sama yang konkret, termasuk di antaranya adalah kerja sama ekonomi,” ujarnya.

Di bidang ekonomi, Presiden menekankan bahwa Indonesia ingin melihat kerja sama kedua negara meningkat di masa yang akan datang, termasuk tentunya harapan terhadap perpanjangan fasilitas GSP (Generalized System Preference) kepada Indonesia.

Di bidang pertahanan, Presiden menginginkan agar kerja sama kedua negara meningkat. Ia juga ingin agar AS memahami kepentingan negara-negara berkembang dan menekankan agar AS memahami kepentingan negara-negara muslim.

“Presiden juga mengatakan Indonesia ingin bahwa Amerika juga memahami Asia Tenggara dan bersama dengan negara-negara Asia Tenggara mewujudkan perdamaian, stabilitas, dan kerja sama di Kawasan,” ujar Menlu RI.

Pompeo: Indonesia Jangkar ASEAN

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat