unescoworldheritagesites.com

Bedah Buku, Kadispusip DKI Firmansyah Wahid: Kumpulan Puisi DOL Perkaya Khazanah Sastra Betawi - News

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta  H Firmansyah Wahid (Ketiga dari kanan)  bersama budayawan Betawi. Yahya Andi Saputra ( kedua dari kiri) meresmikan bedah buku kumpulan puisi  bertajuk DOL,  di TIM, Jakarta Pusat, Jumat ( 5/7/2024)

 

SUARAKARYA.ID: Masyarakat luas, khususnya etnis Betawi wajib mengapresiasi buku Kumpulan Puisi DOL karya budayawan, Yahya Andi Saputra.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip)DKI Jakarta, Firmansyah Wahid, saat menyampaikan sambutan bedah buku kumpulan puisi Bertajuk Dol karya budayawan Yahya Andi Saputra di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jumat (5/7/2024).

Firmansyah menambahkan, buku tersebut turut memperkaya khasanah sastra yang sangat berguna sebagai bagian dari literasi bagi masyarakat.

 

Baca Juga: Ketua Umum APHA Indonesia Gelar Bedah Buku 'Mengurai Benang Kusut Keadilan Perkara Barnabas Suebu'

"Bang Yahya ini tokoh dan sastrawan Betawi yang juga memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan dengan profesinya sebagai dosen di perguruan tinggi," ujar Firmansyah, usai membuka acara bedah buku Kumpulan Puisi "DOL", seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (6/7/2024).

Firmansyah, mantan Setwan DPRD DKI Jakarta ini menjelaskan, bedah buku ini merupakan salah satu bentuk apresiasi agar Yahya Andi Saputra bisa terus memproduksi dan melakukan proses serta ide kreatif, khususnya terkait dengan sastra Betawi.

"Saya ingin kultur budaya Betawi ini bisa tetap langgeng, tertulis dan bahkan dapat dinikmati dan menjadi pembelajaran bagi masyarakat luas," kata Firmansyah lagi.

 

Baca Juga: Bedah Buku Wajah Polisi Presisi, Potret Inovasi dan Prestasi Satu Tahun Kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit

Ia berharap, semakin banyak generasi muda Betawi yang bisa mengikuti jejak Yahya Andi Saputra. Untuk itu, diperlukan satu rutinitas atau pembudayaan interaksi dengan budayawan atau pelaku sastra.

H Firmansyah Wahid
H Firmansyah Wahid

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat