unescoworldheritagesites.com

Elektabilitas Rohmi-Firin Terus Meroket, Mi6: Buah Kerja Tim yang Solid dan Rajin Sapa Konstituen - News

Mi6: Rohmi Firin rajin turun, elektabilitas cepat meroket (Suara Karya/Ist)

Elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalillah dan HW Musyafirin atau Rohmi-Firin terus meroket dalam beberapa pekan terakhir. Duet perpaduan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa ini pun menjadi sorotan utama dalam perbincangan politik di Bumi Gora.


Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6, Bambang Mei Finarwanto memberikan analisisnya terhadap kian moncernya elektabilitas pasangan Rohmi-Firin tersebut. Didu, begitu Bambang Mei Finarwanto karib disapa, mengaitkan lonjakan tersebut dengan kecepatan konsolidasi tim Sitti Rohmi dan HW Musyafirin.


"Kader Muslimat NWDI, pengurus NWDI, serta puluhan organ relawan langsung terbentuk begitu Rohmi menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon gubernur. Konsolidasi yang cepat dan efektif ini menjadi faktor penentu kenaikan elektabilitas Sitti Rohmi," kata Didu di Mataram, Senin (8/7/2024).

 

Baca Juga: Publik NTB Dambakan Pemimpin Perempuan, Rohmi Firin Hadir Dobrak Tradisi


Keputusan Sitti Rohmi Djalillah pada akhir Mei 2024 untuk maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan HW Musyafirin memang mengejutkan banyak pihak. Sebelumnya, Sitti Rohmi lebih sering disebut-sebut akan menjadi calon wakil gubernur berpasangan dengan petahana, H Zulkieflimansyah.

 

Baca Juga: Mi6 Dorong Rohmi Firin buat Komitmen Politik dan Pakta Intregitas bersama PKL se NTB untuk memenangkan Pilgub NTB 2024


Sebelum pengumuman pencalonannya, survei LSI menunjukkan elektabilitas Sitti Rohmi berada di angka 10,3%. Angka ini di bawah Zulkieflimansyah yang berada di angka 32,3% dan Suhaili Fadhil Thohir dengan 11,9% Namun, setelah deklarasi pencalonan bersama HW Musyafirin, posisi Sitti Rohmi meroket, mencapai 33% dalam waktu yang relatif singkat.

 

Baca Juga: Mi6 Dorong Rohmi Firin buat Komitmen Politik dan Pakta Intregitas bersama PKL se NTB untuk memenangkan Pilgub NTB 2024


Tidak hanya faktor konsolidasi tim, keberadaan Sitti Rohmi yang rajin turun langsung ke masyarakat dari berbagai golongan dan agama juga kata Didu, berperan besar. Ummi Rohmi, sapaan akrab Sitti Rohmi, dikenal sangat dekat dengan konstituennya. Ia tidak segan-segan hadir di berbagai acara masyarakat, dari pengajian hingga kegiatan sosial lainnya, menciptakan kesan positif dan kepercayaan rakyat.


Didu menambahkan bahwa loyalitas tim dan relawan juga menjadi kekuatan besar bagi pasangan Sitti Rohmi dan HW Musyafirin.


"Kesolidan tim dan semangat relawan yang luar biasa menjadikan Sitti Rohmi sebagai kandidat yang kuat," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat