unescoworldheritagesites.com

Pilgub Jateng Rawan Perpecahan, Pimpinan Ormas Lindu Aji Sebut karena Kurang Komunikasi - News

Ketua Ormas Lindu Aji Jateng, Nanang Setiono (Istimewa)

: Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) rawan terjadi perpecahan dengan adanya perbedaan pilihan. Di Pilgub Jateng 2024, telah muncul sejumlah nama potensial untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Jateng. 

Seperti Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep,  Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto (Bambang Pacul), Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono, politisi Partai Golkar Dico Ganinduto, serta mantan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen.

"Dalam Pilgub Jateng, kemungkinan terjadinya gesekan bisa saja terjadi. Ini terjadi karena kurangnya komunikasi antar pihak. Selain itu, juga mulai lunturnya sikap gotong-royong di kalangan masyarakat," jelas Ketua Ormas Lindu Aji Jateng, Nanang Setiono, Rabu (10/7/2024).

 Baca Juga: Didukung Diwa Foundation, Merti Desa Bibis Kulon Solo, Berpotensi Jadi Wisata Regional

Adanya perbedaan pilihan politik itu juga terjadi di Ormas Lindu Aji pimpinannya. Tetapi, dirinya mengatakan Ormas Lindu Aji netral, tidak memihak salah satu pasangan calon (paslon). 

"Kami berkomitmen mendukung pelaksanaan Pilkada tanpa hoaks, provokasi, dan hatespeech. Kami berharap seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar dan melahirkan pemimpin yang dapat membawa Jawa Tengah lebih maju dan masyarakatnya sejahtera," jelasnya lagi.

Menurutnya, banyak anggota ormas bela diri Lindu Aji terjun ke politik. Tetapi dirinya menegaskan semua anggota tetap bersatu dalam wadah Ormas Lindu Aji.

Baca Juga: Jelang Pilkada Jateng, Baliho Bergambar Ahmad Luthfi Berpasangan dengan Taj Yasin Marak

"Organisasi Lindu Aji bukan hanya sebagai tujuan, melainkan sebagai alat untuk memberdayakan masyarakat dan memajukan masyarakat Jawa Tengah," katanya.

Untuk menghindari perpecahan, dirinya berharap anggotanya tetap menjaga netralitas dan fokus pada tujuan utama, yakni kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah. 

"Saya juga mengajak seluruh anggota Lindu Aji tetap menjaga persatuan dan kesatuan dan  bersinergi dengan pemerintah dalam menyukseskan Pilkada Jawa Tengah," katanya lagi.

Baca Juga: Puan Maharani Sebut PDIP Pertimbangkan Kaesang di Pilkada Jateng, Aria Bima Menilai Mungkin Kaesang Masuk Kriteria

Sementara itu berdasarkab survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), tanggal 21-26 Juni 2024, Ahmad Luthfi menduduki posisi teratas dengan elektabilitas 5,2 persen, diikuti oleh Kaesang Pangarep (2,5 persen) dan Sudaryono (2,1 persen). Survei dengan melibatkan 1.200 responden warga Jateng dengan tingkat kesalahan 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat