unescoworldheritagesites.com

Menko Airlangga: Program Makan Siang Gratis Bertahap Mulai Berlaku Tahun Depan, Setiap Makan Per Anak Rp15.000 - News

Menko Airlangga: Program Makan Siang Gratis Bertahap Mulai Berlaku Tahun Depan, Setiap Makan Per Anak Rp15.000 (Tangkapan layar ekon.go.id)

: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan program makan siang gratis akan dilaksanakan mulai tahun 2025 mendatang.

Menurut Airlangga, program yang doggas Capres Prabowo Subianto fan Cawapres Gibran Rakabumong Raka ini dilakukan secara bertahap kepada balita hingga ibu hamil. Kemudian dilanjutkan ke jenjang SMP hingga ke daerah dengan angka stunting tinggi.

“Sesudah ini bisa dilaksanakan tahun depan sesuai dengan tahapan-tahapan yang tadi saya sampaikan,” katanya dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas di Istana Negara, Senin (26/2/2024).

Baca Juga: Airlangga Nyatakan Golkar Tugaskan Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar Maju di Pilkada DKI Jakarta, Musa Rajekshah di Sumut

Airlangga menjelaskan program makan siang gratis itu tetap berjalan meskipun pemerintah memperkirakan adanya defisit anggaran yang terjadi sekitar 2,4% - 2,8%.

“Kita lihat anggaran defisit mencapai 2,4% - 2,8% itu untuk program yang menjadi quick win daripada presiden terpilih nanti atau pemerintah mendatang, pos-posnya sudah bisa masuk,” ujarnya.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Airlangga, pemerintahan akan terus berlanjut. Oleh karena itu, program yang memerlukan anggaran itu sudah dipersiapkan pada penandatangan RAPBN 2025.

Baca Juga: Satgas TMMD Ke 119 Kodim 1623 Karangasem Rehab Tempat Ibadah Pura Bukit Juet di Dusun Bukit Catu

Adapun alasan pemerintahan Jokowi memasukkan program makan siang gratis dalam RAPBN 2025 supaya program bisa dilakukan dengan lancar mulai tahun depan.

"Karena, nanti pelaksanaan RAPBN adalah pemerintah mendatang supaya bisa berjalan lancar," ungkap Ketua Umum Partai Golkar ini.

Terkait jumlah penerimanya, menurit Airlangga, sudah ada. Yakni, diambil dari data program sebelumnya di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Seperti, balita sebanyak 22,3 juta, anak TK 7,7 juta, SD 28 juta, dan madrasah hingga SMP 12,5 juta.

Baca Juga: Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan, Kemen PPPA Mendorong agar Perusahaan Memilikinya

Namun soal anggarannya sampai saat ini masih dihitung oleh kementerian dan lembaga terkait. Ia pun belum bisa mengungkap total besaran anggaran yang disiapkan dalam APBN 2025, lantaran pembicaraan detailnya belum ada.

Meski demikian Airlangga Hartarto memberikan gambaran kasar bahwa anggaran makan siang gratis yang telah dituangkan dalam APBN 2025 adalah Rp15.000 untuk setiap anak di Indonesia, merata di seluruh wilayah Tanah Air.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat