unescoworldheritagesites.com

Semen Indonesia Group Bantu Permodalan UMKM Perikanan - News

SURABAYA: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan bantuan modal pada kelompok budidaya ikan Prima Makmur, Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Bantuan itu diberikan dalam rangka membantu meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut General Manager of CSR SIG, Edy Sarayangatakan, pihaknya selalu berupaya mendukung upaya UMKM yang ingin menembangkan usahanya. "Hingga saat ini kami telah melakukan pemberdayaan kepada 18 kelompok UMKM klaster perikanan dengan bantuan sebesar Rp523 juta dan pendampingan usaha," ujarnya, Jum'at (18/9/2020).

Jenis usaha budidaya para pelaku UMKM yang mereka bantu diantaranya budidaya ikan lele, udang vaname dan ikan nila. Kali ini bantuan diberika untuk mereka yang tergabung dalam UMKM binaan SIG Klaster Perikanan di Tuban.

Pada bagian lain, Ketua kelompok budidaya ikan Prima Makmur, Liek Setiadji menyebut, kelompoknya mendapatkan bantuan modal sebesar Rp33 juta. Bantuan itu digunakan untuk membuat 4 kolam baru yang mampu menampung 16.000 ikan lele.

Pihaknya mengaku beruntung karena selain mendapat bantuan permodalan usaha, mereka juga dapat pendampingan dan kesempatan studi banding untuk belajar budidaya ikan lele yang baik. “Kini usaha kami semakin berkembang dari kerja keras yang kami lakukan," ujarnya.

Hingga saat ini, mereka sudah tiga kali melakukan panen ikan semenjak mengikuti program pemberdayaan dari SIG. Setiap panen
mampu menghasilkan 1,4 ton ikan lele jenis Masamo. Tingginya permintaan ikan lele di wilayah Kabupaten Tuban, membawa berkah tersendiri bagi kelompok tani tersebut.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat