unescoworldheritagesites.com

BPSDMP Gelar Seminar All About Grooming dan Pemanfaatan Teknologi Metaverse untuk Pendidikan di Perguruan Tinggi Kemenhub - News

BPSDMP gelar seminar pemanfaatan teknologi transportasi dan digitalisasi di perguruan tinggi Kemenhub.

: Peningkatan kompetensi dan digitalisasi sangat berperan penting dalam sektor pendidikan transportasi. Perkembangan dalam sektor transportasi saat ini mendesak bidang Pendidikan di sektor transportasi untuk melakukan perubahan mendasar pada kurikulum-silabus agar sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang hadir secara virtual, saat membuka secara resmi kegiatan Seminar All About Grooming dan Pemanfaatan Teknologi Metaverse untuk Pendidikan, Sabtu (29/6/2024) di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten.

"Untuk mengimbangi ilmu dalam bidang transportasi, saat ini sangat dibutuhkan kemahiran dalam aspek digitalisasi, etos kerja, kebaharuan ilmu dan teknologi bidang pekerjaan, keberlanjutan, yang dilengkapi dengan wawasan kebangsaan”, ujarnya.

Untuk itu, dia menyampaikan bahwa perlu adanya peningkatan kompetensi Dosen, Instruktur dan Pengasuh di seluruh Perguruan Tinggi di Kementerian Perhubungan selaku garda terdepan dalam mendidik anak-anak kita agar menjadi insan transportasi kelas dunia.

Baca Juga: BPSDMP Bahas Program Kerja Sama Polbit Pendidikan Tinggi Vikasi dengan Pemda

“Semoga dengan adanya seminar ini dapat memperkaya wawasan peserta mengenai personal branding melalui grooming dan pemanfaatan teknologi metaverse dalam proses pembelajaran”, harapnya.

Seminar yang bertajuk “All About Grooming dan Pemanfaatan Teknologi Metaverse untuk Pendidikan” bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam grooming sebagai bagian dari personal branding, serta memperkenalkan teknologi metaverse sebagai alat bantu pengajaran modern.

Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Subagiyo melaporkan bahwa seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang meliputi Class of Guru Grooming and Metaverse (Angkatan Eksekutif) yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 2 Juli 2024 di Hotel Akmani Wahid Hasyim, dengan target 32 peserta, serta Class of Guru Grooming and Metaverse (Angkatan Reguler) yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada minggu pertama Juli 2024 di berbagai sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Baca Juga: Memanfaatkan Aset Blu Kapal Latih BPSDMP untuk Pelayaran Perintis

“Dalam rangka reformasi pendidikan di Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan perlu dilakukan perubahan mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam aspek pengajaran dan pengembangan kompetensi Dosen dan Pengasuh. Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapakan dapat memahami landasan 10 prinsip Grooming untuk personal branding serta pengenalan teknologi metaverse di lingkungan BPSDM Perhubungan”, ungkapnya.

Pada seminar ini menghadirkan narasumber dari CEO Guru Grooming Indonesia, Yulie Hartanto yang memaparkan materi terkait All About Grooming dan Head of Product dari Nusameta, Thomas Simpson yang menyampaikan materi tentang Introduction to Technology Metaverse untuk Pendidikan.

Seminar yang dilaksanakan secara hybrid ini, selain dihadiri Para Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan dan Kepala UPT di lingkungan BPSDM Perhubungan, turut hadir juga dosen, instruktur, dan pengasuh di lingkungan BPSDM Perhubungan yang secara antusias mengikuti seminar dan berdiskusi dengan para narasumber.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat