unescoworldheritagesites.com

Implementasi UU Pangan, Paparan Ganjar Diapresiasi Baleg DPR - News

Kunjungan Baleg DPR RI

SEMARANG: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapat apresiasi dari Badan Legislasi DPR atas gebrakan yang dilakukan di sektor ketahanan pangan. Terutama soal inisiasi pembentukan Dewan Ketahanan Pangan.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Baleg DPR RI, Ibnu Multhazam, saat memimpin Kunjungan Kerja di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Rabu (27/1/2021). Ibnu menyebut, Ganjar adalah sosok pimpinan inisiatif.

“Beliau ada inisiatif karena badan pangan yang dimaksud untuk amanat Undang-undang nomor 18 tahun 2012 belum terbentuk secara nasional, Pemprov Jateng membuat inisiatif membentuk dewan ketahanan pangan yang bertanggung jawab langsung kepada Gubernur,” kata Ibnu.

Ia menyebut, Ganjar merupakan contoh role model pimpinan yang menguasai lapangan dan berpengalaman karena jenjang karir yang dinamis. Sehingga memahami dalam menjalankan pemerintahan.

“Kalau latar belakangnya eksekutif ke eksekutif itu satu track. Tapi kalau latar belakang dari DPR lalu jadi eksekutif itu lebih dinamis. Jadi sudah lengkap apa yang tadi dipaparkan Gubernur,” tegasnya.

Ibnu menambahkan, pemikiran-pemikiran Ganjar sangat komprehensif dan maju. Apalagi, bicara sektor pangan dinamikanya luar biasa dan sangat besar antara kelompok kiri dan kanan.

“Sebutlah dalam tanda kutip antara importir, produsen, serta pengambil kebijakan. Masalah pupuk saja tadi disampaikan, 65 persen dapat subsidi. Padahal anggaran pupuk tahun 2021 sudah dinaikkan demi memenuhi kebutuhan,” ucapnya.

Ganjar Pranowo menyampaikan, sejumlah implementasi terkait pangan yang diatur dalam UU nomor 18 tahun 2012. Di kelembagaan, ada dua inisiasi yakni Dewan Ketahanan Pangan dan Satgas Pangan yang dibentuk berdasar Pergub.

“Kita sampaikan kondisi produktivitasnya seberapa, kecukupannya seberapa terus kemudian distribusinya seperti apa, keamanannya bagaimana dan tadi coba kita sampaikan semuanya kondisi yang ada di Jateng,” terang Ganjar.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat