unescoworldheritagesites.com

Awal Ramadan, Stok Aman dan Harga Bahan Pokok Di Lampung Utara Terpantau Stabil - News

Salah satu pasar di Lampung Utara (Ist)

: Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) memastikan harga bahan pokok di awal Ramadan cenderung stabil, khususnya di Kabupaten Lampung Utara. Hal itu terungkap dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Ketersediaan Pangan yang dipimpin Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Metro ke gudang dan distributor.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan akan terus memastikan bahan-bahan pangan pokok agar terus tersedia. Mentan SYL menambahkan, di awal Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri, ketersediaan pangan harus dijaga dan juga dipantau harganya.

"Petani kita tidak pernah berhenti berproduksi. Tujuannya agar kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi. Termasuk juga untuk memenuhi kebutuhan di pasaran," ujarnya.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan, stok pangan masih bisa dikatakan aman. Hanya saja, diakuinya masih ada 12 komoditas yang rentan dan sensitif terhadap inflasi. Oleh karenanya, pemerintah memonitor secara cermat dengan melakukan monitoring dan pengawalan ketersediaan dan harga bahan pangan pokok.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Bakal Diperiksa Terkait Sumbangan Indra Kenz Untuk Hadiah Catur Dewa Kipas VS Irene

Baca Juga: Banyak Disoroti, Beredar Video Ustadz Yusuf Mansur Marah-marah

“Ketersediaan pangan erat kaitannya dengan harga. Untuk itu, saat melakukan monitor ketersediaannya perlu dilakukan monitoring harga," tegas Dedi didampingi bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung beserta para admin kabupaten/kota, akhir Maret lalu.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP Kementan, Leli Nuryati membentuk Tim Monitoring dan Pengawalan Ketersediaan Pangan untuk mengawal stok dan harga bahan pokok yang ada di Provinsi Lampung, termasuk di Kabupaten Lampung Utara.

Balai Pelatihan Pertanian Lampung melaksanakan kegiatan monitoring Harga Bahan Pokok di Lampung Utara pada Kamis, (7/4/2022) bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Utara.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengecek secara real kondisi stok dan harga bahan pokok yang ada di Pasar Induk dan beberapa pasar tradisional yang ada di Lampung Utara.

Berdasarkan hasil survei oleh di pasar induk dan beberapa pasar tradisional tersebut, diperoleh data bahwa ketersediaan bahan pokok di Lampung Utara aman. Sedang harga beberapa bahan pokok seperti beras dan jagung berkisar antara Rp9.000 per kg. Sedangkan bawang merah dan bawang putih berkisar di harga Rp26.000 dan Rp28.000 per kg, untuk cabai besar di harga Rp.35.000 per kg dan cabai rawit Rp36.000 per kg. Untuk harga gula pasir dan minyak goreng berada pada harga Rp13.000 per kg dan Rp24.000 per liter. 

Bahan pokok berupa daging sapi berada di kisaran harga Rp130.000 per kg dan daging ayam ras di harga Rp40.000 per kg sedangkan telur ayam ras berada di kisaran harga Rp25.000 per kg.

Dari hasil survei tersebut, Lampung Utara dapat dinyatakan stok dan harga bahan pokok aman. Hal ini juga disampaikan oleh beberapa pedagang yang diwawancara oleh petugas.

“Semua bahan pokok masih tersedia untuk di awal bulan ini. Harganya juga masih bisa dikatakan sama dengan harga beberapa hari yang lalu," demikian beberapa pernyataan dari penjual bahan pokok di Pasar Induk Kotabumi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat