unescoworldheritagesites.com

PLN Peduli Beri Edukasi Pertanian Modern Untuk Kalangan Pesantren - News

PLN mengenalkan para santri dengan sistem pertanian yang memanfaatkan lahan terbatas


: PLN ikut mendorong para Santri pondok pesantren dalam kegiatan pertanian modern yang memanfaatkan lahan terbatas. Melalui edukasi tani listrik terpadu, mereka memaparkan tentang metode pemanfaatan lahan yang maksimal untuk mendukung kemandirian.

Edukasi tani listrik terpadu binaan PLN Peduli digelar dalam bentuk Training on Trainer Pesantrenpreneur. Para peserta dibimbing langsung oleh Achmad Saikhu, selaku pengelola edukasi tani Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Buana Lestari di Desa Betet, Kabupaten Nganjuk.

Pihaknya berharap, edukasi pertanian yang melibatkan PLN ini bisa menjadi bekal dasar yang sangat bermanfaat bagi para Santri pada Training on Trainer Pesantrenpreneur. “Ketika Santri kembali ke masyarakat, ada kemampuan dasar berkebun yang dapat diimplementasikan di kampung halaman,” ujarnya, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: PLN Bantu Sukseskan Ajang Selancar Paling Bergengsi Dunia Di Banyuwangi

Dia menjelaskan, pertanian modern saat ini telah menjadi tren baru yang diminati. Melalui pemanfaatan teknologi, metode pertanian menjadi lebih mudah dan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pertanian biasa.

Tenaga listrik, kata dia, menjadi salah satu pendorong terciptanya ekosistem pertanian modern. Melalui Edukasi Tani Listrik Terpadu ini, PLN Peduli berupaya untuk menyebarkan pengetahuan terkait pemanfaatan tenaga listirk yang optimal pada pertanian modern.

Diawali dengan pembangunan green house yang dilengkapi dengan sinar UV untuk mendukung produktivitas tanaman, pada tahun 2022 lokasi edukasi tani listrik terpadu mulai mengembangkan pemanfaatan Internet of Things dalam memudahkan pemeliharaan tanaman.

Baca Juga: PLN Akuisisi Beban Listrik Tjiwi Kimia Dan Sasa Inti

Pengajaran yang dilakukan pada Training on Trainer Pesantrenpreneur ini merupakan langkah pembekalan bagi guru pesantren agar mampu membekali para santri dengan kemampuan tambahan yang berguna bagi masyarakat.

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UID Jawa Timur, Hamzah berharap, listrik PLN yang disalurkan dapat memberi manfaat lebih bagi masyarakat.

“Pemanfaatan listrik PLN pada pertanian ini menunjukkan tentang peran listrik yang bisa meningkatkan produktivitas masyarakat,” ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat