unescoworldheritagesites.com

Sukses Kembangkan UMKM, PJB Diganjar Penghargaan Di Ajang ICBS Presidential Award - News

Salah satu UMKM binaan PJB

: Pembangkitan Jawa Bali (PJB) meraih penghargaan atas kontribusinya yang dinilai luar biasa terhadap pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Penghargaan prestisius ini diterima anak perusahaan PT PLN (Perserio) tersebut di ajang Indonesia Council for Small Business (ICSB) Presidential Award.

General Manager PJB Unit Pembangkit Muara Karang, Maryono, mengaku bangga atas raihan prestasi ini. "Seluruh unit pembangkit yang dikelola PJB memang selalu ikut berkontribusi kepada masyarakat di sekitarnya, salah satunya melalui pengembangan UMKM," ujarnya, Minggu (22/5/2022).

Anak perusahaan PT PLN ini melalui beberapa unit pembangkit telah berhasil mengembangankan potensi masyarakat dan UMKM di sekitarnya. Melalui pelatihan dari pra produksi hingga ke pasca, PJB ikut mengawal UMKM binaannya agar memiliki produk yang berdaya saing.

Baca Juga: LGBT Berkibar Di Kantor Kedutaan, Inggris Dituntut Minta Maaf

Saat ini, PJB membina 95 UMKM aktif maupun pasif. Sementara pelatihan, pembinaan, dan pendampingan yang dilakukan oleh PT PJB adalah bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah menjadi tanggung jawab PT PJB.

Seluruh bentuk CSR dan PT PJB juga merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan.

Pengembangan UMKM juga merupakan salah satu program unggulan CSR PT PJB. Hingga saat ini, tercatat terdapat 95 UMK yang merupakan CSR PT PJB yang tersebar di berbagai belahan Indonesia mulai dari Aceh, Riau, hingga ke Jakarta.

Baca Juga: Woko Channel Tak Kunjung Upload, Netizen Pertanyakan Bubar Atau Lanjut

Total pendapatan penerima manfaat pun memiliki kenaikan yang progresif. Dari berbagai UMKM tersebut, PT PJB juga telah melakukan diversifikasi produk sesuai dengan ciri khas dan kearifan lokal, mulai dari batik, madu, olahan jamur, sayuran hidroponik, dan sebagainya.

Jacky Mussry selaku Presiden ICSB Indonesia menjelaskan bahwa event ini bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi pelaku bisnis yang telah menunjukkan kontribusi sangat signifikan dan relevan dalam membantu pengembangan kapabilitas UMKM.

ICSB sendiri merupakan adalah organisasi nonprofit yang aktif melakukan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM di Indonesia. Organisasi ini aktif kembali sejak tahun 2015 di bawah Inisiatif Kementerian Koperasi dan UMKM bersama Chairman MarkPlus, Inc.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat