unescoworldheritagesites.com

IIBF Depok Gelar Workshop Knowledge Sharing Industri Kreatif Naik Kelas - News

Workshop IIBF Kota Depok (Ist)

: Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) Depok menggelar workshop guna meningkatkan karakter pengusaha dari UMKM, industri kreatif menjadi naik kelas pengusaha menengah keatas.

Workshop yang digelar di Ayam Geprek Juara kawasan RTM Kelapa Dua Depok, Kamis (8/9/2022) ini disambut baik para peserta UMKM yang memiliki semangat menjadi pengusaha sukses.

Menurut Ketua IIBF Depok Galih Pandekar, workshop "Knowledge Sharing Industri Kreatif Naik Kelas" ini bertujuan membangun karakter yang tangguh bagi penggiat UMKM. Untuk menjadi pengusaha dibutuhkan karakter yang kuat yang memiliki mental tangguh, tidak mudah menyerah dan tidak mudah baperan.

Baca Juga: Lirik Lagu Engkau Tak Sendiri Opick feat Reza Artamevia

Baca Juga: WALI Luncurkan Single Kamu Bohong, Banyak yang Kaitkan dengan Ferdy Sambo

"Untuk tahapan awal kita memberikan pembekalan kepada mereka pelaku UMKM pentingnya membangun karakter diri yang kuat. Tujuannya agar mereka percaya diri dan tidak mudah menyerah," kata Galih di sela-sela acara.

Dikatakan Galih, membentuk karakter pengusaha memang tidak mudah. Apalagi ekosistem bangsa kita dari dulu lingkungan kurang mendukung. "Dulu kita selalu dikatakan, besar mau jadi apa? Jarang sekali orangtua kita mendorong anak mereka jadi pengusaha. Selalu dikatakan bekerja sebagai apa. Jadi mindsetnya pekerja," kata Galih.

Tapi seiring waktu, masyarakat mulai melek. Banyak sekarang ini mulai didorong untuk menjadi entrepreneur, pengusaha. "Pelan-pelan kita bangun karakter pangusaha dari kegiatan-kegiatan seperti ini," kata Galih.

Kepada para peserta workshop, Galih Pandekar yang juga sebagai pengisi materi mengatakan untuk menjadi seorang pengusaha harus dulu menguatkan diri, "clearity", kejelasan "Siapa Saya".

"Penting menguatkan diri, karakter diri untuk bisa maju. Untuk itu kita belajar terus mengembangkan diri menjadi percaya diri untuk berdagang," kata Galih.

Galih juga mengajak komunitas dan masyarakat, khususnya sesama pelaku UMKM di Depok untuk saling mendukung. "Bala, Beli dan Jangan Bully".

"Mari kita bela produk-produk kita dan beli produk sesama kita, produk UMKM Depok. Dan jangan bully. Hilangkan karakter suka membully. Jangan sudah tidak beli nge-bully pula," kata Galih.

Sementara itu tokoh dan pengusaha Kota Depok H Acep Azhari mengatakan kegiatan yang digagas Ketua IIBF Depok yang baru terpilih, Galih Pandekar ini sangat positif. Menurut H Acep, menjadi pengusaha itu tidak mudah. Karena itu kegiatan ini sangat penting untuk membentuk karakter bagi pengusaha pemula atau yang sedang merintis usahanya.

"Yang kita tekankan di sini bahwa menjadi pengusaha itu tidak mudah. Jadi kita tidak bicara untung dulu, tapi bagaimana penguatan karakter diri agar tidak mudah menyerah," kata H Acep.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat