unescoworldheritagesites.com

Telkom Bantu Dorong Pelaku UMKM Wanita Tumbuh Pesat - News

*Keterangan Foto:* Proses produksi salah satu UMKM binaan Telkom Batik Besurek khas Bengkulu

: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama komunitas perempuan berkarya (Srikandi) TelkomGroup ikut mendorong agar para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) wanita unggulan bisa bertahan dan mengembangkan bisnisnya ditengah persaingan pasar yang semakin erat.

Salah satunya adalah Batik OZZY Pekalongan yang kini tumbuh menjadi unggulan skala global. Butik fesyen dan batik handcraft produknya menggunakan desain produk yang terinspirasi dari kombinasi peristiwa alam dan kehidupan sosial.

Program pinjaman modal usaha dari
Telkom juga telah dinikmati para pelaku UMKM. Usaha Batik Besurek khas Bengkulu 'ATIK' yang dirintis sejak tahun 1999 ini awalnya sempat mengalami kesulitan dalam bersaing dengan kompetitor.

Baca Juga: Terapi Listrik Makin Populer, Pasien Pak Wito di Betro Sidoarjo Makin Membludak

Berkat bantuan yang disalurkan oleh Telkom, ATIK kini masih terus optimis memperkenalkan daerah Bengkulu itu melalui inovasi terhadap produk dan pemasarannya.

Selain itu, UMKM Batik Widi Nugraha juga berhasil maju berkat program pembinaan yang dilakukan Telkom. UMKM yang dijalankan sejak tahun 2010 itu, kini berhasil melahirkan ratusan lebih pecanting handal yang mendukung usahanya.

Putra pemilik usaha itu, bernama Widi Rosliandi Nugraha yang terlahir sebagai penyandang disabilitas tuna rungu, ikut melanjuutkan usaha orangtuanya.

Baca Juga: Lirik Lagu Hampa by Ari Lasso yang Kembali Viral

Karena Telkom sebagai perusahaan yang terbuka pada keberagaman dan inklusivitas juga menjalankan program pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat penyandang disabilitas.

Dengan keterbatasan yang dimilikinya, Widi bersama seluruh pengrajin di Batik Widi Nugraha tetap optimis dalam mengikuti program pelatihan yang diadakan oleh Telkom.

Menurut SGM Community Development Center Telkom Hery Susanto, menghadapi era ekonomi digital, Telkom menyadari bahwa kapabilitas digital masyarakat terutama pelaku UMKM menjadi hal yang krusial.

Baca Juga: Lirik Lagu Masa SMA 'Tiga tahun telah kita bersama, Jalani kisah yang indah...' by Angel 9 Band

"Maka dari itu, Telkom memberikan solusi yang inovatif untuk dapat memperkuat kapabilitas digital termasuk access to capital, access to competence, dan access to commerce," ujarnya.

Melalui berbagai program pembinaan dan pendanaan, Telkom akan terus konsisten mendorong mitra binaan unggulan untuk terus berinovasi dan memperluas pasar dengan digital.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat