unescoworldheritagesites.com

Ditjen Hubdat Kemenhub Peroleh Apresiasi Berkat Sukses Pelaksanaan KTT ASEAN - News

kendaraan yang memperlancar mobilitas peserta KTT ASEAN

 

: Sejumlah pihak memberikan apresiasi terhadap Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat) berkat sukses penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Direktur Jenderal (Ditjen) Hubdat, Hendro Sugiatno mengungkapkan bahwa sesuai arahan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi subsektor yang ada di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diharapkan dapat secara maksimal mendukung kelancaran KTT ASEAN.

Oleh karena dengan pelayanan transportasi yang baik, diharapkan dapat meninggalkan kesan yang baik pula di mata para pemimpin negara dan para anggota delegasi KTT ASEAN yang hadir di Labuan Bajo.

“Alhamdulillah acara KTT ASEAN ini berjalan lancar dan sukses, selain itu layanan kami dalam rangka mendukung kelancaran acara ini juga mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Diantara para delegasi, tim pendukung dan para media dari perwakilan negara Asean yang mengunakan jasa bus shuttle berserta awak pengemudinya yang mengantarkan para perserta konfrensi ini,” kata Hendro di Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Baca Juga: Menhub Apresiasi Masyarakat dan Insan Transportasi Lancarkan Penyelenggaraan KTT ASEAN

Dia berharap dengan kesan baik yang diberikan pihaknya terhadap para delegasi yang menggunakan jasanya memperkenalkan Labuan Bajo kepada masyarakat dunia.

Hendro mengungkapkan pada KTT ASEAN di Labuan Bajo pihaknya menyediakan 25 unit mini bus (Hiace) berkelas premium yang juga membantu memperlancar mobilitas para tim delegasi, tim pendukung dan juga awak media.

Minibus shuttle ini telah beroperasi sejak 6 hingga 12 Mei 2023, mulai pukul 06.00 WITA hingga 20.00 WITA, untuk mendukung mobilitas para delegasi, tim pendukung dan awak media.

“Kendaraan ini secara terjadwal berkeliling ke bandara dan lokasi-lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN serta hotel tempat menginap para delegasi dengan waktu kedatangan 10-15 menit sekali. Minibus ini membuat lalu lintas di Labuan Bajo menjadi lebih efisien,” katanya.

Baca Juga: Menhub dan Kapolri Pastikan Kepulangan Delegasi KTT ASEAN Berlangsung Aman & Lancar

Tidak hanya itu, kata Hendro, guna mengatur kondisi lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan selama penyelenggaraan kegiatan, telah diatur rekayasa lalu lintas seperti sistem satu arah, pengaturan parkir on street, dan pengalihan sementara bongkar muat kendaraan angkutan barang dari pelabuhan Penyeberangan Labuan Bajo ke Pelabuhan multi purpose Wae Kelambu selama pelaksanaan KTT ASEAN.

“Kami juga menghentikan sementara operasional di Pelabuhan Labuan Bajo mulai tanggal 6 sampai 11 Mei 2023 dialihkan ke Wae Kelambu agar tidak menghambat kegiatan KTT ASEAN. Pelayanan dialihkan ke rute Badas-Wae Kelambu dengan KM Swarna Bahtera,” jelasnya.

Baca Juga: Kapal Patroli KPLP Mendapat Apresiasi Jaga Keselamatan Perairan Labuan Bajo Selama KTT ASEAN

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat