unescoworldheritagesites.com

Uniqlo Indonesia Berkomitmen Dukung Pelaku UMKM - News

Penandatanganan kerjasama antara Uniqlo Indonesia dengan Kementerian Koperasi dan UKM

SOLO: PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo Indonesia) melalui program Kolaborasi Neighborhood berkomitmen mendukung pelaku bisnis lokal untuk dapat terus berkembang semakin baik. Bentuk komitmen tersebut diwujudkan melalui penandatanganan kerjasama dengan Kementerian Kementerian Koperasi dan UKM.

Kerjasama tersebut sebagai wujud kolaborasi serta komitmen dalam upaya mendukung pertumbuhan bisnis UKM lokal di Indonesia. Penandatanganan kerjasama dilaksanakan di gerai Uniqlo Solo Paragon Mall, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (28/9/2021). Acara tersebut juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Atas kerjasama tersebut, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengapresiasi apa yang telah dilakukan Uniqlo Indonesia yang sudah membanyu memasarkan produk UMKM.

"Tidak hanya di jaringan dalam negeri tetapi juga di pasar global. Saya yakin produk UMKM kita bagus dan unik, custom produk tidak kalah dan anak-anak muda Indonesia itu kreatif," jelas Teten dalam sambutannya.

Teten juga mengatakan kerjasama tersebut tidak hanya pemasaran saja tetapi juga kurasi produk serta ada transfer pengetahuan. Dimana pelaku UKM bisa belajar desain produk untuk mengikuti update desain.

"Kemitraan antara usaha besar dengan pelaku UKM Indonesia merupakan hal yang signifikan dalam pengembangan ekosistem dukungan bagi UKM. Kami berharap program ini dapat dirasakan oleh semua UKM di seluruh Indonesia,” jelasnya lagi.

Penandatanganan MoU tersebut diwakili oleh Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia, Irma Yunita sebagai perwakilan dari Presiden Direktur PT Fast Retailing Indonesia Naoki Kamogawa dan Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman. Serta disaksikan CFO PT Fast Retailing Indonesia Shigeru Kumano dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

“Melalui program kolaborasi Neighborhood yang selama ini sudah kami lakukan di toko-toko UNIQLO Indonesia, kami berkomitmen untuk ikut mendukung upaya pemerintah dalam pertumbuhan UKM lokal di Indonesia," papar Irma Yunita.

Sinergitas yang dituangkan dalam MoU hari ini diharapkan mampu membuka peluang kerja sama antara UKM lokal dan bisnis skala besar agar dapat bersaing di pasar domestik hingga global serta membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Irma Yunita menambahkan Kolaborasi Neighborhood menjadi wujud dukungan Uniqlo Indonesia terhadap pelaku bisnis lokal untuk dapat terus berkembang semakin baik lagi. Peran bisnis skala besar dari pihak swasta seperti Uniqlo Indonesia untuk memajukan UKM ini dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan membantu mempromosikan produk-produk lokal serta kolaborasi dengan pelaku UKM. Uniqlo juga berharap sinergitas ini dapat berjalan dengan lancar demi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik lagi.

Pada tahun 2019 Uniqlo meluncurkan program kolaborasi Neighborhood yang merupakan sebuah instalasi di area toko-toko Uniqlo Indonesia yang menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM lokal terpilih. Hingga kini, program ini telah hadir di 15 kota di Indonesia, salah satunya Solo dengan total lebih dari 96 UKM yang berpartisipasi. Pada pelaksanaannya pun Kolaborasi Neighborhood dikaji setiap 6 bulan sehingga dapat memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UKM lokal. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat