unescoworldheritagesites.com

Telkom Optimis Antares Jadi Solusi Kebutuhan IoT - News

Ilustrasi


: Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus meluncurkan inovasi terbaik yang berkelanjutan di berbagai sektor. Kali ini, melalui Leap-Telkom Digital (Leap), mereka menghadirkan Antares.

Menurut Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, Antares yang diluncurkan Leap merupakan layanan penyedia resource platform pengembangan teknologi Internet of Things (IoT).

Telkom melalui Leap melihat IoT menjadi salah satu ekosistem yang sangat potensial. ”Oleh karena itu, kami mengembangkan Antares dengan harapan di masa datang akan menjadi platform yang dapat memberikan jawaban dan solusi untuk kebutuhan IoT," ujarnya, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga: Udeng Blangkon Madura Jadi Perhatian Usai Dipakai Jokowi

Langkah ini dimulai dengan berkolaborasi. Diantaranya dengan Kimia Farma dan Bio Farma. Pihaknya berharap, ke depannya Antares dapat digunakan oleh lebih banyak kalangan.

Antares sendiri terdiri dari tiga pilar, yaitu Antares Platform, Antares Connectivity, dan Antares Solutions yang hadir sebagai Internet of Things (IoT) enabler, yaitu end to end solution.

Antares, kata dia, adalah bagian dari Leap yang merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Gubernur Jatim Himbau Warganya Waspadai Penipuan Mengatasnamakan Pejabat

Leap yang diluncurkan secara resmi pada Maret 2022 lalu itu diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional.

Kerja sama Antares dengan Kimia Farma hadir dalam bentuk smart manufacturing. Antares mengembangkan sistem power monitoring, environment monitoring, dan real-time machine monitoring.

Antares juga bekerja sama dengan Bio Farma dalam pendistribusian vaksin, terutama distribusi hingga ke daerah terpencil. Melalui kerja sama ini dapat menjamin terpenuhinya stok vaksin dengan tujuan untuk menekan kasus Covid-19.

Baca Juga: Ucapan Lebaran Idul Fitri Untuk Group WA

Sebagai salah satu layanan unggulan Leap, kualitas Antares telah diakui secara nasional maupun internasional dan telah memenuhi regulasi yang ditetapkan Kementerian Komunikasi Informatika (Kominfo) terkait penyimpanan data di Indonesia.

Standar OneM2M menjadikan Antares sebagai platform horizontal IoT yang dapat mengintegrasikan berbagai komponen IoT, memungkinkan aplikasi IoT dapat berinteraksi dengan data dari perangkat IoT di seluruh solusi vertikal industri yang berbeda.

Pelanggan Antares memiliki kuasa penuh terhadap data-data pengukuran dari device, sehingga pengguna dapat melakukan skema kontrol, subscribe, dan notifikasi terhadap data-data device.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat