unescoworldheritagesites.com

Penerapan SNI Pupuk Jamin Kualitas Produk dan Kepercayaan Petani - News

Pupuk ber SNI mendukung program ketahanan pertanian (Endang Kusumastuti)

:  Pemerintah Indonesia saat ini tengah fokus untuk ketahanan dan ketersediaan pangan. Dimana ketahanan dan kemandirian pangan tersebut didukung oleh ketahanan sektor pertanian.

Di Indonesia, sektor pertanian sampai saat ini terbukti memiliki ketahanan yang baik. Karena salah satunya didukung dengan pemilihan dan penggunaan pupuk yang tepat. 

Untuk menjamin kualitas dan keamanan pupuk yang digunakan petani, dibutuhkan jaminan dan sertifikasi pupuk. Yakni sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).  Penerapan SNI pupuk akan menjamin kualitas dan produk pupuk yang dapat memenuhi harapan petani atau pengguna.

Baca Juga: Lirik Lagu Apuse Dan Terjemahannya

Saat ini sudah ada 3.081 SNI di bidang pertanian dan teknologi pangan. Untuk SNI pupuk saat ini sudah ada 29 pupuk, 9 diantaranya SNI pupuk wajib dan 20 lagi SNI pupuk sukarela. 

"Kalau di masyarakat lebih mengenal hanya dengan menyebut pupuk Urea dan NPK. Itu bahasa lapangan dengan menyebutnya begitu," jelas Deputi Bidang Pengembangan Standar  Badan Standarisasi Nasional, Hendro Kusumo, Kamis (1/9/2022).

Lebih lanjut Hendro mengatakan, SNI adalah acuan untuk  meningkatkan kualitas barang dan pelayanan, meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya (efisiensi), meningkatkan daya saing UKM,  memperluas pangsa pasar (ekspor), memenuhi regulasi pemerintah, serta membentuk budaya mutu.

"Untuk SNI pupuk ada yang sukarela dan wajib yang ditentukan oleh kementerian berdasarkan kebijakan nasional. Bagi pelaku usaha industri pupuk pasti akan melakukan sertifikasi untuk pembuktian pemenuhan SNI," jelasnya lagi.

Baca Juga: Menko Airlangga, Rakortas TPIP-TPID Menjaga Extra Effort Pemerintah Kendalikan Stabilitas Harga dan Inflasi

Hendro mengatakan untuk parameter mutu SNI akan berkembang dari tahun-tahun menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan industri.

Pentingnya produk pupuk ber SNI tersebut juga diakui pelaku industri pupuk tanah air. Seperti yang dikatakan Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan.

"Sudah lama kami menerapkan SNI, banyak manfaat yang didapatkan. Diantaranya bisa menjamin kualitas pupuk ini juga sangat membantu menetapkan standar bahwa pupuk yang kualitas baik itu harus berdasar standar SNI," kata Ade.

Selain itu juga membantu konsumen memilih produk berkualitas. Menurut Ade, untuk produk pupuk banyak pesaing dan hal itu menjadi ancaman bagi Pupuk Kujang dalam pemasaran. Tetapi dengan SNI, bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk berkualitas.

Baca Juga: The Park Mall Solo Hadirkan Event Digital Anantara, Konsep Digital Tanpa Batas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat