unescoworldheritagesites.com

Kemenhub Atur Kepulangan Pesawat Delegasi KTT G20 - News

Kemenhub atur kepulangan pesawat delegasi KTT G20

 

: Kementerian Perhubungan mempersiapkan sedemikian rupa pengaturan kepulangan pesawat VVIP delegasi KTT G20 di Bandara Ngurah Rai, Bali. Puncak pergerakan pesawat dari Bandara Ngurah Rai ke berbagai negara asal peserta terjadi, Rabu (16/11/2022).

Pada Selasa sore (15/11/2022) di Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Bandara Ngurah Rai, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto memimpin rapat koordinasi persiapan pengaturan kepulangan pesawat para pemimpin negara dan delegasi peserta KTT G20. Hadir dalam kesempatan itu para pemangku kepentingan mulai dari Kemenlu, Otoritas Bandara, Angkasa Pura I, Airnav sampai pihak terkait lainnya.

“Pada puncak pergerakan kepulangan pesawat para pemimpin negara bakal lebih kompleks karena jamnya berdekatan dibandingkan saat kedatangan. Untuk itu perlu dipersiapkan pengaturan penerbangan yang cermat,” ujar Novie, di Bali, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Penerbangan VVIP dan Reguler di Ngurah Rai Lancar Terkendali Sampai Puncak KTT G20

Sekjen mengakui, sejak Selasa (15/11/2022) sudah ada beberapa pesawat VVIP yang berangkat pulang. Namun jumlahnya tidak banyak dibandingkan Rabu (16/11/2022). Adapun rentang waktu kepulangan para pemimpin negara dan delegasi G20, baik yang menggunakan pesawat VVIP maupun reguler yaitu mulai 15-22 November 2022.

Dengan pergerakan kepulangan pesawat VVIP di Bandara Ngurah Rai yang cukup padat itu, boleh jadi ada kemungkinan penyesuaian jadwal penerbangan pesawat reguler baik domestik maupun internasional seperti misalnya keterlambatan atau delay.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat yang akan terbang menggunakan penerbangan reguler dari dan menuju Bali, untuk segera melakukan pengecekan kembali jadwal penerbangannya kepada maskapai. Agar dapat melakukan antisipasi dan bisa terbang dengan lebih nyaman,” kata Novie.

Baca Juga: Kemenhub Pastikan Penerbangan Reguler Domestik & Internasional Tetap Lancar Selama KTT G20

Kemenhub mengimbau kepada operator bandara dan maskapai untuk proaktif memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pelanggannya. Seperti misalnya, informasi perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, proses refund, dan sebagainya.

Kemenhub bersama pemangku kepentingan terkait akan berupaya meminimalkan dampak yang ditimbulkan dari adanya pergerakan kepulangan pesawat VVIP para delegasi G20 di Bandara Ngurah Rai.

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kelancaran lalu lintas bagi para delegasi yang hadir dan juga bagi masyarakat umum yang melakukan penerbangan dari dan ke Bali,” tutur Novie.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat