unescoworldheritagesites.com

Andalkan STEAM, Sampoerna Academy Dorong Para Siswa Jadi Innovator - News

Salah satu peserta STEAM Expo di Sampoerna Academy Surabaya.

: Sampoerna Academy kembali menunjukkan keberhasilan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics) untuk mendukung pengalaman belajar lebih komprehensif dan berfokus pada pemecahan permasalahan. Melalui program tahunan STEAM Expo, seluruh siswa dari tingkat early learning hingga menengah atas berkesempatan unjuk hasil karya dengan menerapkan ilmu yang mereka pelajari di sekolah.

Menurut Principal of Sampoerna Academy Surabaya, John Murphy, melalui program ini, generasi muda diajak belajar secara hands on dan minds on menggunakan pendekatan STEAM. "Tujuannya membangkitkan minat mereka menjadi innovator atau memiliki pekerjaan atau karier impian di masa mendatang," ujarnya, Rabu (16/3/2022).

Sampoerna Academy, kata dia, sangat menekankan pendekatan STEAM karena dapat memperkuat pengembangan apa yang disebut sebagai kompetensi 5C, yaitu Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Character. Ini memungkinkan siswa menjadi individu lebih dewasa, percaya diri, serta memiliki tujuan belajar kuat.

Baca Juga: Tak Hanya Negeri, Jateng Gelontorkan Ratusan Miliar Bagi Sekolah Swasta

Metode ini, kata dia, mengintegrasikan experiential learning yang sangat efektif dan efisien membantu siswa tetap fokus dan berinteraksi. Sehingga pada akhirnya dapat membuat mereka lebih memahami passion yang ingin mereka kejar di masa depan.

STEAM Expo digelar dari tanggal 11 hingga 19 Maret 2022. di lima lokasi sekolah, di Jakarta, Sentul, Tangerang,Medan, dan Surabaya. Mengangkat tema “The World of Future Innovators, program ini bertujuan untuk mendorong lahirnya inovator-inovator muda masa depan yang berkontribusi besar terhadap kemajuan bangsa.

Metode STEAM, menurutnya, telah terbukti mampu mendorong dan membantu siswa dalam mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan di berbagai disiplin ilmu, memfasilitasi murid untuk berpikir holistik, dan bisa menghubungkan antara satu pengetahuan dengan pengetahuan lainnya.

Baca Juga: Danpusdiklatpassus Berikan Arahan Ke Siswa Pendidikan Para Dasar Gelombang 1 Taruna Akmil Tingkat IV TA 2022

Oleh karena itu, sebagai pionir STEAM di Indonesia, tahun ini Sampoerna Academy menghadirkan akses dan kesempatan lebih besar bagi publik untuk melihat bahkan merasakan langsung pendidikan berbasis STEAM melalui kegiatan interaktif di STEAM Expo.

Tahun ini, terdapat total pendaftaran lebih dari 780 karya dari seluruh cabang Sampoerna Academy dengan berbagai proyek inovatif dan menjadi highlight, seperti Solar Oven, Bio Packaging Film, Algebra Cat Game, Seed Bomb, dan masih banyak lagi.

Berbagai karya yang terkumpul ini dilakukan oleh individu atau secara kelompok, untuk kemudian dikurasi oleh para juri, dan dipamerkan pada STEAM Gallery selama STEAM Expo berlangsung. Selain mendorong siswa untuk berfikir inovatif, problem solving, program ini juga akan membangun kepercayaan diri dan self-esteem mereka.

Baca Juga: Hubungi Ibu Korban, Mensos Beri Motivasi Dan Siapkan Tabungan Pendidikan Untuk Bocah Korban Kekerasan Seksual

STEAM Expo dibuka untuk siswa TK atau pre-school hingga kelas menengah atas di seluruh cabang Sampoerna Academy yang meliputi Jakarta, Sentul, Tangerang, Surabaya, dan Medan. “Meski pameran terbuka untuk semua kelas, namun kompetisi mulai dibuka untuk siswa kelas 3 hingga SMA," ujarnya.

Para finalis telah mempresentasikan proyek mereka di depan semua juri, termasuk para juri tamu kami, seperti praktisi STEAM, pakar, ilmuwan dan direktur dari lembaga pendidikan terkemuka. Sampoerna Academy berharap STEAM Expo “The World of Future Innovators” akan menjadi pengalaman pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM yang bermanfaat bagi generasi muda, orang tua, dan publik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat