unescoworldheritagesites.com

PTM OECD Paris: Menko Airlangga Kokohkan Dukungan dari Inggris, Jepang dan Brasil Terhadap Aksesi Indonesia di OECD - News

Dalam pertemuan bilateral di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri OECD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendapat dukungan terhadap Indonesia dari Inggris, Jepang dan Brasil untuk prose aksesi Indonesia di OECD (ekon.go.id)

:  Indonesia menjadi primadona dalam Pertemuan Tingkat Menteri Organization of Economic Co-operation and Development (PTM OECD) atau Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi yang tengah berlangsung di Paris, Prancis.

Melalui komunikasi secara intensif yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan negara mitra anggota OECD dan internasional lainnya, dukungan terhadap Indonesia untuk bergabung di OECD terus bertambah.

Menko Airlangga selaku Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD terus menerima permohonan pertemuan bilateral dari beberapa negara untuk menyatakan dukungan terhadap proses aksesi Indonesia di OECD.

Memasuki hari kedua Pertemuan Tingkat Menteri OECD, di sela-sela kesibukannya, Menko Airlangga bertemu dengan Menteri Negara Inggris Urusan Eropa Nusrat Ghani, di Markas OECD Paris, Jumat (3/5/2024).

Sehari sebelumnya Menko Airlangga juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito dan Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Vieira.

Pada rangkaian pertemuan tersebut Menko Airlangga didampingi oleh Wakil Menteri Perdagangan, Sekretaris Kemenko Perekonomian, serta Asdep Kerja Sama Ekonomi Eropa, Afrika, dan Timur Tengah.

Pertemuan-pertemuan intensif yang dilakukan Menko Airlangga dengan mitra dari Inggris, Jepang dan Brasil itu makin memperkokoh dukungan terhadap proses aksesi Indonesia di OECD.

Menteri Ghani merupakan menteri kabinet PM Rishi Sunak keempat yang ditemui oleh Menko Airlangga dalam rangkaian kunjungan kerja ke London dan Paris. Hal ini menunjukkan pentingnya Indonesia di mata Inggris dan komitmen kedua negara untuk terus intensifkan hubungan bilateral, khususnya sektor ekonomi, investasi, dan perdagangan.

Dalam pertemuan tersebut, Inggris menyatakan dukungan terhadap proses aksesi Indonesia di OECD. Menko Airlangga sampaikan bahwa Indonesia telah banyak mengadopsi standar OECD diberbagai sektor, termasuk finansial, karena Indonesia juga merupakan anggota Financial Action Task Force (FATF).

Terkait isu bilateral, Menteri Ghani meminta Indonesia untuk ikut dalam rantai pasok industri otomotif di Inggris melalui kerja sama sektor ekstraktif. Inggris juga mengharapkan partisipasi Indonesia dalam Wilton Park Conference on Critical Minerals yang akan berlangsung di bulan Mei 2024.

Di sisi lain, Indonesia menyoroti pentingnya peningkatan perdagangan bilateral kedua negara. Di sektor pertanian, Menko Airlangga berharap agar Inggris dapat mengedepankan praktik dagang yang inklusif dengan mengikuti standar yang telah ada dan berlaku global, seperti RSPO untuk sektor kelapa sawit. Ditekankan bahwa kelapa sawit adalah sektor strategis dan penting bagi petani sawit kelas kecil (smallholders) yang berjumlah sekitar 2.6 juta orang di Indonesia. Terkait hal ini, Indonesia meminta Inggris untuk menggunakan mekanisme FACT Dialogue untuk mencapai kesepakatan yang bermanfaat bagi para petani dan produsen sawit di Indonesia.

Dukungan Keketuaan Jepang

Pada pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito di sela-sela PTM OECD di Paris, Kamis (2/5/2024), Menko Airlangga menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Menteri Ken Saito sebagai Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang pada bulan Desember 2023 lalu.

Menko Airlangga menyampaikan apresiasi atas dukungan Jepang dalam proses aksesi OECD Indonesia, dimana pada PTM OECD ini Jepang bertindak selaku ketua. Lebih lanjut, dukungan juga diharapkan dapat diberikan Pemerintah Jepang dalam pelaksanaan kajian dan proses aksesi Indonesia selanjutnya, salah satunya melalui Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat