unescoworldheritagesites.com

Balinese Purification Water Menandai Dimulainya WWF ke 10 di Bali - News

World Water forum (WWF) ke 10 yang digelar Pada 18 hingga 25 mei 2024 di Bali, resmi dimulai. Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara melukat pada Balinese water purification ceremony di pantau Surf Surf by the Wave, kawasan Kura-Kura Bali, Denpasar.

: World Water forum (WWF) ke 10 yang digelar Pada 18 hingga 25 mei 2024 di Bali, resmi dimulai. Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara melukat pada Balinese water purification ceremony di pantau Surf Surf by the Wave, kawasan Kura-Kura Bali, Denpasar.

Menko Bidang Kemaritiman Dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan,  pada acara Balinese Water Purification mengatakan, pelaksanaan upacara Segara Kerthi sebagai bagian dari WWF ke-10 yang merupakan aksi nyata dari komitmen Indonesia dalam melindungi alam khususnya air. Melalui pelaksanaan upacara tersebut, dunia bisa melihat berapa budaya Indonesia, khususbya Bali peduli terhadap lingkungan.

Dalam Balinese Water Purification Ceremony para delegasi, disambut dengan tabuh-tabuh gammelan gong gede yang oleh masyarakat Bali biasanya diperuntukkan mengirungi tarian sakral. Selanjutnya dimulai prosesi pemujaan dengan gelaran tarian sakral sebagai media persembahan, sembahyang bersama dilakukan dengan dipimpin pendeta dan seluruh umat Hindu yang hadir. Prosesi diakhiri dengan pelepasan satwa ke alam liar di antaranya 1000 ekor tukik1000 ekor burung Dan 5 ekor penyu.

Baca Juga: Transaksi Expo Dekranas di Solo Capai Rp4,3 M dengan Jumlah Pengunjung Lebih Dari 13 Ribu

Forum WWF  ke 10 ini akan berfokus pada empat hal, yakni konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi serta mitigasi bencana alam .

Pada kesempatan itu, Luhut Panjaitan juga memastikan kedatangan Elon ke Indonesia. Menurut rencana Elon akan mendarat di Bali Pada Minggu pagi Pukul 08.09 Wita.

Menurut Luhut,  pada siang hari Elon Musk akan meresmukan layanan internet, starlink di sebuah puskesmas di Bali. Selain Luhut, Menteri Kesehatan Budi Gunadu Sadikin, Menkominfo Budi Ari Setiadu dan Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggonodi di agendakan akan hadir.

Baca Juga: Thailand Open 2024: Febriana/Amallia Tembus ke Final

Dikatakan Luhut, hal ini adalah satu langkah bagus, sehingga demikian daerah-daerah terpencil akan bisa di cover dengan internet yang bagus dan akan bagus juga untuk kesehatan dan pendidikan.

Terkait kemungkinan Elon musk berinveatasi di Ibukota Nusantara-IKN, Luhut menyebut hal itu sangat mungkin dan Luhut akan membicarakan hal itu lebih lanjut.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat