unescoworldheritagesites.com

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan - News

Peserta Green Employee Involvement (Ist)

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk “Green Employee Involvement” yang diikuti oleh 2.250 peserta dan tersebar di 10 Strategic Business Unit (SBU) di seluruh Indonesia, dengan kegiatan utama yang berpusat di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan dipimpin langsung oleh Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lombok mencakup berbagai aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan pelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat, seperti aksi pembersihan di sepanjang pantai Loang Baloq yang dibarengi dengan kampanye Hari Tanpa Polusi dengan 1000 orang bersepeda. Langkah ini menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, PLN Icon Plus juga mendukung digitalisasi dengan menyediakan akses internet bagi 20 UMKM unggulan di NTB dan mendukung UMKM untuk masuk ke pasar digital melalui fitur marketplace yang terdapat pada aplikasi PLN Mobile, yang hingga saat ini sudah terdaftar sebanyak 6314 UMKM.

PLN Icon Plus juga turut memberikan akses internet gratis serta apresiasi bagi Kepala Desa dengan jumlah pelanggan atau Turn Up Rate (TuR ) ICONNET tertinggi diatas 90 persen.

Baca Juga: Hadiri Executive Council UN Tourism Meeting, Menparekraf Dorong Penguatan Praktik Pariwisata Berkelanjutan

PLN Icon Plus juga mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV) dan PV Rooftop di NTB dengan memperkenalkan teknologi ramah lingkungan yang dapat digunakan oleh masyarakat luas. Dengan langkah ini, PLN Icon Plus ingin menunjukkan bagaimana teknologi dapat berkontribusi dalam solusi lingkungan yang berkelanjutan.

Seluruh rangkaian kegiatan di Lombok ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi NTB dan dihadiri langsung PJ Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, yang didampingi oleh Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, serta berbagai kepala dinas terkait.

Dalam sambutannya, PJ Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini dan menyatakan keyakinannya bahwa kegiatan ini akan membawa manfaat besar bagi masyarakat NTB.

Baca Juga: Jadikan Budaya Lokal Sebagai Identitas

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif PLN Icon Plus dalam mendukung upaya Pemerintah Provinsi NTB untuk mewujudkan NTB sebagai provinsi yang smart, green, and productive. Kegiatan di Hari Lingkungan Hidup ini menjadi langkah penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat NTB,” ujar Lalu.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, “Kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup ini merupakan bagian dari upaya nyata PLN Icon Plus dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan pembangunan yang inklusif serta implementasi dari salah satu pilar Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PLN Icon Plus, yaitu Iconnectivity for Green. Inisiatif hijau yang dilaksanakan di NTB ini tidak hanya bertujuan untuk mendukung visi NTB sebagai provinsi yang asri dan lestari, tetapi juga untuk memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi jejak karbon dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.”

Selain kegiatan di NTB, PLN Icon Plus juga melaksanakan aksi serentak yang tersebar di 10 Strategic Business Unit (SBU) seluruh Indonesia sebagai bentuk implementasi pilar Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Seluruh SBU dari seluruh Indonesia juga turut melakukan ‘live report’, dimana seluruh peserta dari berbagai daerah berkesempatan saling berbagi pengalaman dan semangat dalam menjaga lingkungan dalam aksi serentak ini.

Kegiatan tersebut meliputi pemberian 68 tong sampah, pelepasan 8.700 bibit ikan, penanaman 200 mangrove dan 282 bibit pohon, serta pembersihan sampah di 10 lokasi. Selain itu, dilakukan penghijauan atau reboisasi di 3 area dan pemeliharaan terumbu karang di 1 lokasi. Program ini juga mendukung 17 UMKM binaan dan menyediakan akses internet gratis di 4 titik.

Total kontribusi dalam berbagai kegiatan tersebut mencapai 9.285 CSR, yang menunjukkan komitmen nyata PLN Icon Plus dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat