unescoworldheritagesites.com

Atasi Kendala Retribusi, Bank Jatim Hadirkan Si RATRI di Pasar Perak Jombang - News

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melihat aplikasi Si RATRI hasil inovasi Bank Jatim

: Bank Jatim (PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk) meluncurkan Si RATRI (Sistem Pembayaran Retribusi Elektronik Terintegrasi) yang akan diterapkan di Pasar Perak Kabupaten Jombang.

Inovasi Si RATRI yang merupakan hasil kerja sama antara Bank Jatim dengan Pemkab Jombang merupakan solusi atas hambatan yang kerap dialami oleh pemerintah daerah dalam menghimpun iuran atau retribusi.

Menurut Direktur IT & Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin, Si RATRI berbentuk kartu yang disiapkan Bank Jatim untuk pedagang pasar ini akan mempermudah transaksi, karena dapat dilakukan top up dan tersedia virtual account khusus.

Baca Juga: Bantu Dongkrak Daya Tarik, Bank Jatim Bantu Pembangunan Landmark Simpang 4 Kota Pasuruan

Selain itu, kata dia, melalui sistem ini pemerintah akan mendapatkan informasi kepastian dana yang akuntabilitas dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Setelah kartu Si RATRI untuk pedagang Pasar Perak, Bank Jatim berharap 16 pasar yang berada di Kabupaten Jombang nantinya akan mendapatkan sistem E-Retribusi," ujarnya.

Bank Jatim juga akan memfasilitasi para pedagang menggunakan QRIS yang diharapkan memberikan segala kemudahan dalam bertransaksi baik kepada Pemerintah maupun bagi konsumen.

Prosesi penyerahan Kartu E-Retribusi ini diserahkan oleh Direktur IT & Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin kepada Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab di Pasar Perak Jombang. Kegiatan ini juga disaksikan Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa yang sekaligus meresmikan Pasar Perak sebagai Pasar Smart Economy, pada Minggu (5/3/2023) kemarin.

Baca Juga: Lirik Lagu Sanes 'Ngancani nanging ora iso duweni..' yang Dipopulerkan Guyon Waton feat Denny Caknan

Hadirnya sistem ini diharapkan membantu dan mewujudkan Program Elektronifikasi Pemerintah Daerah (ETP) dan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) serta percepatan dan perluasan digitalisasi daerah Kabupaten Jombang.

“Peresmian pasar perak sebagai pasar smart economy diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi para pedagang. Didukung dengan sistem E-Retribusi Si RATRI, semoga para pedagang semakin nyaman, aman dan berharap sinergitas antara Pemerintah, masyarakat dan Bank Jatim semakin kuat," ujar Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab.

Sementara, Gubernur Khofifah juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Jombang yang telah memfasilitasi Pasar Perak menjadi pasar smart economy dengan transaksi digital didalamnya.

Baca Juga: Lirik 'Giginya Ompong Menggerong' Lagu Cintamu Sepahit Topi Miring Ternyata Ini Maknanya

“Tadi telah kita saksikan bersama proses menggunakan sistem E-Retribusi bagi para pedagang pasar perak. Transaksi digital ini akan menjadi bagian perkuatan ekonomi dimana nantinya para pedagang dipermudahkan dalam pembayaran retribusi pasar," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat