unescoworldheritagesites.com

Top BMUD Award, Wapres: Pemulihan Ekonomi Dialokasikan Rp695,20 Triliun   - News

Para pimpinan BUMD menerima Top BUMD Award 2020 dari Majalah Top Busines, Kamis (27/8/2020).s

 JAKARTA: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan, peran badan usaha milik daerah (BUMD) pada masa pandemi Covid-19 sangat diperlukan.

Menurut Wapres, BUMD berperan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah guna pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi virus Corona.

"Peran BUMD di masa sulit ini diperlukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah terutama program-program pemulihan ekonomi nasional," kata Ma'ruf Amin saat acara Top BUMD Awards yang dilqksanakan Majalah Top Business secara virtual, Kamis (27/8/2020). Acara penyerahan Piagam Top BUMD digelar di Hotel Sultan,Jakarta.

Apalagi, dalam rangka menangani dampak pandemi Covid-19 baik dari segi kesehatan maupun sosial-ekonomi, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 695,20 triliun.

Termasuk pembentukkan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional untuk meningkatkan koordinasi dan pelaksanaan kebijakan dalam menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Oleh karena itu, Ma'ruf Amin pun meminta para kepala daerah terus membina dan mengarahkan BUMD agar meningkatkan kinerja dan layanannya.

"Terutama untuk membangun daerahnya," kata dia. Wapres juga berharap penghargaan TOP BUMD Awards 2020 dapat meningkatkan sinergitas antar BUMD bahkan dengan BUMN. Sinergitas tersebut, kata dia, diharapkan mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah dan perekonomian nasional.

Adapun beberapa BUMD di Indonesia mendapat penghargaan TOP BUMD level bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2020. BUMD tersebut antara lain Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Perumda Air Minum Apa' Mening Kabupaten Malinau, PDAM Tirta Segah (Batiwakkal) Kabupaten Berau, dan PDAM Kab Nunukan.

Kemudian Bank BJB Tbk, Bank Jatim Tbk, PT MRT Jakarta (Perseroda), BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang, dan BPR Batola Kabupaten Barito Kuala. Selanjutnya BUMD terbaik yang berhasil memberikan kontribusi tinggi terhadap pembangunan di daerahnya seperti PT Mahakam Gerbang Raja Migas dan PT Migas Mandiri Pratama Kaltim.

Termasuk beberapa BUMD yang banyak melakukan perbaikan, yakni PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PDAM Kota Gorontalo dan masih banyak lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat