unescoworldheritagesites.com

Stok Aman, Kementan Pastikan Tak ada Gejolak Harga Kebutuhan Pokok Di Bandar Lampung - News

Kementan jamin stok pangan aman di Bandar Lampung (Ist)

: Stok dan harga kebutuhan pokok di Kota Bandar Lampung dipastikan dalam kondisi aman jelang hari raya Idul Fitri.

Hal ini diketahui setelah tim Puslatan BPPSDMP Kementerian Pertanian, BPP Lampung dan Dinas Pangan Kota Bandar Lampung, melakukan pemantauan, kemarin - Sabtu (23/4/2022).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementerian Pertanian akan terus memantau perkembangan stok dan harga kebutuhan pokok di Bandar Lampung.

“Kita akan pastikan jika stok dalam kondisi aman dan kebutuhan pokok dijual tetap dalam koridor yang berlaku. Hal ini penting agar kebutuhan masyarakat hingga Idul Fitri nanti dapat tetap terpenuhi,” katanya.

Baca Juga: Kartini Milenial, Lina Ozora Sopir Bus AKAP Jakarta-Wonogiri

Baca Juga: Liga Inggris: Juara Tak Bisa Diprediksi, Liverpool Dan Manchester City Sama Bagusnya

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan hal serupa.

“Kita memiliki tim yang akan terus memantau ketersediaan kebutuhan bahan pokok. Tetapi, kita juga terus mengajak petani dan penyuluh agar terus berproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. karena, tugas pertanian adalah menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat,” ujarnya.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan di Pasar Tugu, Bandar Lampung, ketersediaan dan distribusi 12 bahan kebutuhan pokok dalam kondisi aman dan stabil tidak ada gejolak berarti.

Harga-harga juga masih dalam situasi normal. Beberapa harga pangan pokok hasil pantauan didapat jika Telur dijual dengan harga Rp 26.000 kg. Atau merambat Rp500 sampai Rp1000 perhari. Sedangkan bawang merah brebes dijual Rp35 ribu-Rp36 ribu. Bawang putih dijual dengan harga Rp27. 000/kg, tidak ada lonjakan harga stabil. Sedangkan cabai merah seharga Rp30 ribu, atau stabil seperti minggu lalu, cabai rawit gunung Rp 50.000/kg. Untuk cabe rawit ada kenaikan cukup signifikan dari minggu lalu, yaitu Rp35 ribu.

Minyak goreng kemasan dijual Rp24 ribu sampai Rp25 rb perliter. Daging sapi dijual Rp140 ribu hingga Rp150 ribu ada kenaikan 10 rb dibanding minggu lalu.

Kenaikan harga daging sapi ini cukup tinggi dibanding tahun lalu, pedagang, karena kenaikan cukup significant kemungkinan jelang hari raya bisa tembus di harga Rp 160.000/kg. Daging ayam 25 sampai Rp35 rb per ekor.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat