unescoworldheritagesites.com

Jelang Idul Fitri, Kementan Sidak Stok Dan Harga Bahan Pokok Di Pasar Runyai Bumi Agung - Way Kanan Lampung - News

Stok bahan pokok di Way Kanan Lampung (Ist)

: Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), turun langsung ke beberapa pedagang dan distributor bahan pokok yang ada di Pasar Runyai Bumi Agung Kabupaten Way Kanan, Lampung pada Sabtu (23/04/2022).

Hal itu dilakukan untuk memastikan bahan pangan tetap tersedia selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri. Hasil monitoring menyatakan bahwa Ketersediaan bahan pokok dan juga harganya masih aman terkendali.

Monitoring ini dilakukan oleh Seftiana, Widyaiswara Balai Pelatihan PertanianL ampung.

Baca Juga: Kartini Milenial, Letda Ida Ayu Damayanti, Teknisi Pesawat F-16 Wanita Pertama

Baca Juga: Kartini Milenial, Lina Ozora Sopir Bus AKAP Jakarta-Wonogiri

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari instruksi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta seluruh jajarannya saat Ramadan dan jelang Idul Fitri 1443 H untuk memastikan ketersediaan stok pangan di pasaran. Hal itu untuk menjamin kebutuhan masyarakat tak terganggu sama sekali.

"Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan pangan pokok masyarakat tak terganggu. Kami ingin memastikan bahwa ketersediaan pangan tak boleh berkurang. Pangan adalah hal krusial yang harus terus tersedia," kata Mentan SYL.

Demikian juga arahan dari Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi yang menambahkan bahwa pangan merupakan kebutuhan yang keberadaannya tak boleh terganggu sedikit pun. Itu sebabnya, segala program yang dijalankan oleh BPPSDMP, salah satunya bermuara pada peningkatan produktivitas san pemenuhan kebutuhan pangan.

Baca Juga: Liga Inggris: Juara Tak Bisa Diprediksi, Liverpool Dan Manchester City Sama Bagusnya

"Dalam situasi apapun, kebutuhan pangan tak boleh terganggu, apalagi saat penting seperti moment Ramadan dan jelang Idul Fitri saat ini. Pasokannya harus tetap aman dan terkendali agar tak terjadi kepanikan di masyarakat," kata Dedi.

Dedi menjamin kebutuhan pangan terpenuhi dengan baik. Itu sebabnya, Dedi meminta masyarakat tak panik dan melakukan aksi buying panic dengan memborong secara berlebihan kebutuhan pangan. "Insya Allah kami jamin pasokan pangan dalam kondisi aman dan terkendali. Tentu pemenuhan kebutuhan pangan ini merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian kita," ujar Dedi.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP, Leli Nuryati menyatakan, kegiatan monitoring ini dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harganya khususnya di Provinsi Lampung. "Kami menjamin seluruh bahan pangan pokok tersedia dengan baik. Hasil monitoring ini kami jadikan rujukan untuk mengambil langkah selanjutnya," papar Leli.

Berdasarkan hasil monitoring, Sefti menyampaikan bahwa stok bahan pokok di Pasar Runyai Kabupaten Way Kanan terpantau masih aman dan harganya masih stabil.

Menurut Ketua PKK Bumi Agung, Lusiana, Pasar Runyai ini merupakan salah satu rujukan pasar di Kecamatan Bumi Agung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat