unescoworldheritagesites.com

Touring JNCC 85, Tak Hanya Kangen Kangenan, Tapi Juga Bantu Sesama yang Sakit dan Bangkitkan Ekonomi Rakyat - News

JNCC 85 atau alumni Akpol 1985 saat melakukan gowes di taman wisata Candi Borobudur  (istimewa )

:Komjen (Purn) Ari Dono Sukmanto memberikan apresiasi kepada pemerintah melalui Kementrian BUMN yang mengembangkan desa-desa di kawasan candi Borobudur menjadi desa wisata sehingga mampu menggerakkan ekonomi rakyat.

Di sela acara touring dan gowes Joglosemar JNCC 85 ( Alumni Akpol 85 ) di Sleman Minggu (7 /8/2022), mantan Wakapolri ini memberi masukan agar semua rumah penduduk di desa wisata Borobudur dibangun dengan rumah model Jawa Asli (Joglo) dengan pagar rumah “Mataraman”, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan sekaligus pelestarian budaya bangsa.

Baca Juga: Touring Joglosemar Akpol 85, dari Napak Tilas, Bakti Sosial, Hingga Safari Tour ke Borobudur

“Kan ada dana desa, bisa itu untuk membangun atau merubah rumah penduduk dengan model joglo
Luar nya saja berbentuk joglo dalamnya terserah pemilik rumah, semua pagar model mataraman , seperti di Bali, identitasnya kuat semua rumah di Bali masih melestarikan ciri khas nya” tegasnya.

Ari Dono yang juga pernah menjabat Kabareskrim mengajak para wisatawan yang banyak duit lebih memilih menginap di desa desa wisata agar membantu menggerakkan ekonomi rakyat pedesaan yang lesu karena Pandemi Covid 19.

Baca Juga: Touring Baksos KAK, 100 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Pandemi Di Desa Wisata Dieng

Mantan Kabareskrim Polri ini memberi contoh Alumni Akpol 85 yang tergabung dalam JNCC 85 membuat kegiatan reuni dengan acara touring dan gowes di Borobudur menginap di Tuk Songo salah satu penginapan yang dikelola Balai Ekonomi Desa Balkondes Borobudur .

Rombongan para mantan Jenderal Polisi itu juga menyewa VW Safari untuk keliling desa dan belanja sejumlah komoditi di home industri.

Menjawab pertanyaan awak media tentang kegiatan tour JNCC 85, Ari Dono menuturkan, JNCC 85 dibawah pimpinan Irjen (Purn) Eko Hadi Sutedjo tidak hanya sekedar kelompok orang yang sedang bersenang senang.

” Kami juga punya komitmen untuk berbagi tidak hanya di internal Alumni Akpol 85, juga masyarakat luas yang perlu dibantu “.tegas Ari Dono

Di sela acara Tour dan gowes Joglosemar, para mantan perwira tinggi Polri itu menyempatkan diri berkunjung ke rekan seperjuangan Kombes Pol.Purnawirawan Sunardi yang mengalami luka berat saat bertugas di Aceh tahun 2002 .

Mantan Wakapolri Ari Dono berkunjung ke Kombes pol Purnawirawan Sunardi
Ketua JNCC 85 Eko Hadi Sutedjo menjelaskan, Kombes Sunardi yang saat itu menjabat sebagai Kapolres Aceh Utara terluka parah dikepala saat konflik bersenjata di Aceh.

“Kami tetap peduli kepada rekan rekan yang bernasib seperti pak Sunardi, beliau berkorban demi tugas negara, dan kami berkunjung ke rumahnya di Magelang untuk menyampaikan empaty sekaligus rasa hormat kami kepada Kombes Pol punawirawan Sunardi. "tegas Eko Hadi Sutedjo yang juga Pembina Komando Anak Kesatrian KAK (Komando Anak Kesatrian). ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat