unescoworldheritagesites.com

PLN Bangun Bay Emergency GI Perak Untuk Pastikan Keamanan Pasokan Listrik ke Pabrik Terigu - News

Petugas PLN saat melakukan pembangunan  Bay Emergency GI Perak

: PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi Surabaya (UPT Surabaya) membuat Bay Emergency Bogasari di Gardu Induk (GI) Perak 150 kV.

Tindakan cepat itu dilakukan PLN agar pasokan penyediaan kebutuhan listrik untuk pelanggan KTT (Konsumen Tegangan Tinggi) seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari lebih terjamin andal dan aman.

"Perusahaan yang bergerak di bidang penggilingan gandum menjadi tepung terigu ini memiliki kapasitas giling terbesar di dunia, berorientasi pasar Nasional dan Internasional," ujar General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: PLN Jatim Target Listriki 15.552 Keluarga Tidak Mampu, Paling Lambat 17 Agustus 2022

Pihaknya telah melakukan investigasi sebagai tindak lanjut atas temuan hasil assessment di Gardu Induk (GI) Perak pada Februari lalu. Kesimpulannya, ada kenaikan saat dilakukan pengujian pertahanan kontak antar fasa, dan perlu penanganan overhaul secara mayor untuk perbaikan GI Perak.

Menurutnya, waktu yang dibutuhkan cukup panjang untuk masa overhaul, sehingga perlu inisiatif lebih cepat dilakukan sebagai pelayanan PLN kepada KTT. Salah satunya dengan melakukan penambahan Bay Emergency Bogasari sebagai backup, agar penyaluran listrik tetap terjaga tanpa padam.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari sendiri merupakan Konsumen Tegangan Tinggi yang mendapat suplai aliran listrik dari GI Perak sebesar 32 MW dan merupakan pelanggan premium PLN Tanpa Padam.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Tatu - Didi Kempot

Saat penyelesaiannya, kata Manager Unit Pelaksana Transmisi (MUPT) PLN Surabaya, Christian Ismunandar, pekerjaan pemasangan Bay Emergency Bogasari dikerjakan selama sepekan sejak awal dimulai pada Selasa (23/8/2022) tanpa dilakukan pemadaman.

Dia menyatakan bahwa keamanan personel menjadi prioritas utama. Sehingga dalam setiap pelaksanaan pekerjaan, seluruh tim menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"Ada pengawas pekerjaan yang berfungsi memastikan setiap tahap pekerjaan telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai target waktu dan pengawas K3 yang memastikan semua tim bekerja menggunakan APD (Alat Pelindung Diri)," ujarnya.

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Terus Berupaya Selamatkan Aset Untuk Kepentingan Negara

Pihaknya optimis, penambahan Bay Emergency Bogasari di GI Perak ini dapat menjaga kontinuitas penyaluran pasokan listrik. Ini dilakukan sebagai wujud PLN yang terus berupaya meningkatkan kepuasan pelanggannya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat