unescoworldheritagesites.com

Dorong Perekonomian Desa Wisata, PLN UID Jatim Gelontor Investasi Hampir Rp1 Miliar - News

Salah satu kampung wisata yang mendapat dukungan dari PLN UID Jatim

: PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) menyalurkan bantuan untuk mendorong perekonomian masyarakat khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa wisata.

Bantuan investasi senilai Rp985 juta dan potensi konsumsi listrik sebesar 1.575.016 kWh tiap tahunnya ini tersebar di 16 kota/kabupaten yang tersebar di Jawa Timur. Salah satunya di Desa Tematik di kawasan Pantai Kondang Merak, Malang.

Peresmian Desa Tematik itu dilakukan disela Festival Kuliner Kondang Merak, yang dihadiri Senior Manager Komunikasi dan Umum PT PLN (Persero) UID Jatim, Kemas Abdul Gaffur bersama Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, pada Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: Perumda Tirta Patriot Terus Distribusi Air Bersih Gunakan Mobil Tanki

Untuk pengembangan kawasan wisata ini, PLN membangun jaringan listrik sepanjang 5,1 kilometer sirkuit (kms), 1 unit gardu distribusi daya 160 kVA. Sarana infrastruktur juga diberikan berupa 2 Unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), kompor induksi, alat pemanggang listrik, gerobak sampah dan merevitalisasi beberapa titik di kawasan pantai.

Pantai Kondang Merak merupakan sebuah pantai di pesisir selatan Malang, Jawa Timur yang terkenal akan keindahan laut, wisata kuliner hingga wisata alam lainnya antara lain Ngentup, Banyu Meneng dan Selok.

Pantai Kondang Merak memiliki potensi yang kuat di sektor pariwisata namun sejauh ini masyarakatnya belum menikmati listrik.

Baca Juga: Agus Widjajanto: Bhineka Tunggal Ika dengan Piagam Madinah itu Senafas

“Harapannya dengan masuknya listrik di daerah ini dapat menggerakan roda perekonomian dan masyarakat lebih produktif dan semakin mudah menggunakan piranti elektronik untuk kegiatan sehari-hari,” ujar General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo.

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menanggapi dukungan positif PLN yang menaruh perhatian terhadap pertumbuhan wilayahnya.

“Pemerintah memberikan apresiasi kepada PLN bahwa masyarakat di pelosok pedesaan kini sudah bisa menikmati listrik dan menjadi bagian transformasi dalam kegiatan sehari - hari dengan menggunakan kompor listrik,” ujarnya.

Baca Juga: Diduga terjangan Peluru Senjata Api terdapat dua lobang di kaca Sekolah Dasar di Kota Sorong Pagi ini.

Harapannya, program ini dapat menarik wisatawan dari berbagai daerah dan menikmati kelezatan kuliner seafood di Pantai Kondang merak.

Di Mojokerto, PLN juga memberikan bantuan elektrifikasi hingga sarana-prasarana kepada Kampung Desa Wisata Majapahit yang terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat