unescoworldheritagesites.com

Apresiasi TEI 2023, Menko Airlangga: Wajar Indonesia Jadi Pusat Produk Halal Dunia - News

Apresiasi TEI 2023, Menko Airlangga: Wajar Indonesia Jadi Pusat Produk Halal Dunia. (Kemenko Ekonomi)

: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan sebagai negara dengan populasi muslim terbesar dunia, sudah sewajarnya Indonesia menjadi pusat produk halal dunia.

Hal ini ditegaskan Menko Airlangga saat menyampaikan keynote speaker pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 tahun 2023 di TEI BSD, Tangerang Selatan, Rabu (18/10/2023), dirilis di laman resmi Kemenko Ekonomi.

Menko Airlangga mengapresiasi gelaran TEI 2023 yang kembali menghadirkan Jakarta Muslim Fashion Week, sebagai upaya menuju Indonesia menjadi pusat industri halal dunia, sekaligus kiblat industri fashion muslim dunia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Kerja Sama BRI Harus Saling Menguntungkan dan Memakmurkan

Di dekatnya, kata Airlangga, tidak hanya produk fashion saja, tetapi juga produk-produk lainnya seperti makanan dan minuman, kosmetik, hingga farmasi.

“Karena, Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Oleh karena itu, Indonesia sudah sewajarnya menjadi pusat produk halal dunia,” ungkapnya.

Trade Expo Indonesia 2023 yang dilaksanakan secara hybrid tersebut harus mampu menjadi  platform  yang merepresentasikan output dari kebijakan Pemerintah di sektor perdagangan.

Baca Juga: Kasad Peduli Pendidikan Santri, Bantu Kendaraan Operasional 2 Ponpes di Jawa Timur

Perjanjian dagang dan ekonomi dalam bentuk PTA, FTA, maupun CEPA diharapkan dapat mencerminkan potensi transaksi dagang di TEI 2023.

“Target tahun ini harus diperbaiki. Di tahun ini pesertanya lebih besar dari tahun lalu, yakni 1.193 ribu pengunjung. Kemudian diharapkan ekspornya tentu bukan tadi yang disampaikan, target USD10 miliar, tetapi target tahun ini harus lebih tinggi dari capaian tahun lalu yang USD15,8 miliar,” tutur Menko Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut Menko Airlangga juga mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar negara sahabat di antaranya yakni China, India, Jepang, Mesir, dan Filipina yang pada tahun lalu merupakan negara dengan transaksi perdagangan terbesar.

Baca Juga: Dirapel Selisih Gaji PJLP Cair Mulai November

Secara khusus, Menko Airlangga mengucapkan selamat kepada eksportir Indonesia penerima penghargaan Primaniyarta dan para buyers penerima penghargaan Primaduta.

"Yaitu, para pejuang ekspor Indonesia yang tetap mampu menunjukkan prestasi meski berbagai hambatan menghadang," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat