unescoworldheritagesites.com

Kemenhub Berangkatkan Pemudik Gratis Natal dan Tahun Baru Gratis menuju Sebelas Kota - News

Kemenhub berangkatkan pemudik gratis Nataru ke sebelas kota.

: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan peserta mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ke-11 kota di antaranya Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang dan Madiun. Adapun, program ini dimaksudkan untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas karena masifnya pergerakan masyarakat di momen liburan akhir tahun.

Pelepasan dilakukan di dua Terminal yakni  Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur dan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Keberangkatan di Terminal Pulogebang, dilepas Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Robby Kurniawan bersama Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto.

Baca Juga: Mudik Gratis Libur Nataru 2023-2024 dari Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan

Kepala BKT Robby menyampaikan, perhatian penuh terhadap masih tingginya kecelakaan lalu lintas membuat

Menteri Perhubungan atas arahan bapak Presiden mengambil suatu kebijakan untuk mengadakan program mudik gratis di angkutan Nataru ini.

"Ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran negara untuk memfasilitasi masyarakat, semoga tentunya program ini dapat bermanfaat dan juga dapat mendorong mengurangi tingkat kecelakaan yang akan terjadi selama masa Nataru," tutur Robby.

Baca Juga: Kemenhub Pastikan Siap Antisipasi Lonjakan Libur Nataru 2023-2024, Termasuk dengan Mudik Gratis Bagi Pengguna Sepeda Motor

Dia menyampaikan apresiasi juga kepada semua pihak dan stakeholder dari Organda, TNI-Polri, Dinas Perhubungan dan semua yang terkait, yang telah mendukung dan melaksanakan melancarkan program Mudik Gratis ini dengan baik.

"Kami doakan semoga bapak-bapak ibu-ibu sekalian yang akan melakukan perjalanan tetap sehat dalam perjalanan selamat sampai tempat tujuan berjumpa dengan keluarga dan kemudian nanti pada saatnya lagi bisa kembali ke sini dalam keadaan sehat walafiat juga," harapnya.

Plt. Kepala BPTJ Suharto menambahkan bahwa penyelenggaraan Mudik Gratis Nataru ini baru kembali digelar setelah melalui masa Covid-19, karena memerhatikan hasil survei BKT.

Baca Juga: Ribuan Pemudik Program Mudik Gratis Kembali ke Jakarta Dengan 126 Armada

"Mudik gratis ini untuk memberikan pelayanan sekaligus ini demi menjaga ketertiban, kami juga sudah berkali-kali mengimbau adanya mudik gratis ini untuk masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan pribadi khususnya menggunakan sepeda motor karena tingkat fasilitas paling tinggi adalah penggunaan sepeda motor makanya kami akan hadir untuk memberikan kenyamanan keamanan bermasyarakat," ungkap Suharto.

Sementara pelepasan pemberangkatan bus di Terminal Kp Rambutan dilakukan Inspektur 1, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Amin Hudaya didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh dan Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan beserta jajaran.

"Kegiatan dengan tema 'Transportasi Aman Liburan Nyaman' ini bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya bagi sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan," ujar Inspektur Amin saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat