unescoworldheritagesites.com

Studi FEB UI, Total Peningkatan Pendapatan Pengguna Internet Telkomsel Capai Rp 327 triliun - News

Para narasumber dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) merilis riset Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel terhadap Perekonomian Indonesia. (Sadono )

:  Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) merilis riset Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel terhadap Perekonomian Indonesia.

Riset terkait perkembangan kuantitatif,  kualitatif, dan analisis sekunder terhadap 1.000 responden pada periode Juli hingga September 2023 di 5 Provinsi yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Barat.

Riset ini juga  mempertimbangkan pertumbuhan pengguna internet di wilayah tersebut.

Baca Juga: Hadirkan Posko Layanan Haji hingga Perkuat Kemitraan, Cara Telkomsel Sambut Musim Haji 2024

"Teknologi sangat berperan penting dalam memberdayakan masyarakat, dan Telkomsel sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar telah berkontribusi meningkatkan konektivitas dan perekonomian," kata Kepala Lembaga Demografi FEB UI, I Dewa Gede Karma Wisana di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Dewa menjelaskan, Lembaga Demografi FEB UI telah melakukan survei terhadap 1.000 responden pada periode Juli hingga September 2023 di 5 Provinsi yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Barat dengan mempertimbangkan pertumbuhan pengguna internet di wilayah tersebut, menunjukkan bahwa penyediaan akses internet yang disediakan oleh Telkomsel terbukti berdampak terhadap perekonomian Indonesia terutama di era digital saat ini.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperkirakan pada tahun 2023 internet Telkomsel berkontribusi sebesar 1,6 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Baca Juga: Lewat Internet BAIK Series 8, Telkomsel Sukses Tingkatkan Literasi Digital Ribuan Pelajar dan Guru

Sementara total kontribusi sektor informasi dan telekomunikasi pada tahun yang sama sebesar 4,23 persen.

Adapun total peningkatan pendapatan yang didapatkan oleh responden setelah menggunakan internet Telkomsel adalah Rp 327 triliun.

Tidak hanya itu, peningkatan jumlah payload dan pengguna Telkomsel diketahui juga berdampak positif terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita kabupaten/kota.

Peningkatan payload Telkomsel di kabupaten/kota sebesar 100 terabyte (TB), dapat meningkatkan rata-rata PDRB per kapita kabupaten/kota di Indonesia sebanyak Rp1,7 miliar.

"Melalui simulasi data tahun 2021, peningkatan jumlah pengguna di kabupaten/kota sebanyak 1.000 pengguna Telkomsel dapat meningkatkan rata-rata PDRB per kapita kabupaten/kota di Indonesia," ujarnya

Sejalan dengan analisis yang dilakukan pada level nasional dan kabupaten/kota, Dewa menyampaikan studi ini juga menelusuri penggunaan internet Telkomsel oleh pelaku usaha dan ragam pemanfaatannya untuk berbagai jenis kegiatan usaha.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat