unescoworldheritagesites.com

Presiden Jokowi Apresiasi Penambahan Pelabuhan Ciwanda dan Bandar Bakau Jaya Dukung Merak - News

Presiden Jokowi saat meninjau kesiapan Pelabuhan Merak hadapi lonjakan pemudik

: Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi adanya manajemen pengaturan di lapangan seperti penambahan pelabuhan yaitu Ciwandan dan Bandar Bakau Jaya (BBJ), serta pemisahan jenis kendaraan yang akan masuk ke Pelabuhan Merak khusus mobil dan bus dan Pelabuhan Ciwandan khusus sepeda motor dan angkutan barang.

“Dengan demikian kapasitas di pelabuhan bisa meningkat dari 34 ribu kendaraan per hari menjadi 49 ribu kendaraan per hari,” tutur Presiden Jokowi saat meninjau kesiapan mengantisipasi aduk mudik di Pelabuhan Merak, Selasa (11/4/2023).

Selain itu, Presiden juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan angkutan penyeberangan di Merak-Bakauheni, agar sudah membeli tiket secara daring/online.

Baca Juga: Panglima TNI Dampingi Presiden RI Mengecek Kesiapan Pelabuhan Merak

“Tahun lalu sangat mengganggu (kelancaran) yang belum pegang tiket. Jadi sekarang semuanya harus sudah pegang tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak,” katanya mengingatkan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, manajemen pengaturan di lapangan seperti pemisahan pelabuhan untuk jenis kendaraan mobil, bus, motor, dan angkutan barang, serta pembelian tiket secara daring/online minimal sehari sebelum keberangkatan, dilakukan untuk menjaga antara kapasitas pelabuhan dengan volume kendaraan atau Volume to Capacity (V/C Ratio).

"Tujuannya untuk mengendalikan kepadatan, sehingga harapan kita kemacetan seperti tahun lalu dapat dihindari," kata Budi Karya Sumadi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat