unescoworldheritagesites.com

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung Perkembangan UMKM Lokal - News

Media Workshop bersama Pelaku Usaha  UMKM yang dilaksanakan Tokopedia di Solo (Endang Kusumastuti)

Inisiatif Hyperlocal dari Tokopedia mampu mendukung perkembangan UMKM lokal. Hal ini terbukti pada periode kuartal 1 tahun 2023, untuk produk dekorasi menjadi beberapa produk yang populer di Kota Solo.

Produk dekorasi tersebut seperti produk hiasan dinding, keset, dan lilin. Sedangkan di Kabupaten Sukoharjo, tercatat produk tanaman artificial, lilin aroma terapi, dan jam meja yang menjadi produk yang populer pada periode yang sama.

"Selama periode April 2023 dibanding kuartal 1 tahun 2023, jumlah pembeli di Kota Solo meningkat 1,5 kali lipat begitu juga di Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan untuk penjualan di Sukoharjo meningkat 2 kali lipat," jelas Kepala Departemen Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya,  di acara Media Workshop bersama Pelaku Usaha asal Kota Solo, Bleu Living, di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: Menhan Prabowo Bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim, Bicara Hubungan Bilateral dan Regional

Ekhel juga mengatakan inisiatif Hyperlocal merupakan langkah nyata dari komitmen  dalam mendukung perkembangan UMKM lokal. Dengan semangat #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia secara konsisten menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia melalui teknologi untuk pemerataan ekonomi secara digital.

Salah satu pelaku UMKM yang memanfaatkan Tokopedia untuk mengembangkan usahanya, Jessica, mengatakan Tokopedia berkontribusi terhadap perkembangan usahanya yakni  Bleu Living sejak tahun 2020 hingga saat ini.

"Sebenarnya ini usaha karena pandemi, aaat itu saya hanya fokus kuliah. Tapi kan kuliahnya online jadi ada waktu banyak," kata pemilk usaha lilin aromaterapi asal Sukoharjo itu.

Baca Juga: Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto Tinjau Latihan Pra Tugas Yonif PR 330 Tri Darma

Dipilihnya usaha lilin aromaterapi tak lepas dari kesukaannya akan lilin beraroma.Jessica memutuskan untuk mulai belajar membuat lilin esensial alami berbahan dasar vegan. 

Hingga akhirnya Jessica melihat peluang bisnis dan memulai menjual lilin buatan tangan dengan bahan dasar wax kacang kedelai yang dinilai lebih ramah lingkungan, serta sebagai bahan dasar pengganti parafin.

“Kami memiliki berbagai pilihan produk lilin aromaterapi dan reed diffuser dengan pemilihan nama menyesuaikan mood wangi produk. Salah satu produk terlaris kami yaitu Sunday Morning, lilin aromaterapi dengan sensasi wangi segar dan manis, serta menenangkan seperti suasana Minggu pagi yang tenang,” paparnya.

Baca Juga: Kontestasi Pilpres 2024, Jangan Jual Kucing dalam Karung

Untuk meningkatkan pemasaran produknya, Bleu Living juga aktif membuat paket bundling, salah satunya berkolaborasi dengan tea artisan, serta brand aksesori untuk menambah variasi produk dan meningkatkan transaksi.

“Selain itu, karena bisnis kami bergerak di bidang kerajinan tangan, kami turut memberdayakan kaum perempuan untuk ikut berkontribusi. Kami juga memberdayakan pengrajin lokal dalam pembuatan wadah Bleu Living,” katanya lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat