unescoworldheritagesites.com

FABA Pasokan PLN Nusantara Power Sulap Pantai Plentong yang Nyaris Abrasi, Jadi Kawasan Wisata Menarik - News

PLN Nusantara Power menyulap FABA jadi tetrapod untuk menahan abrasi Pantai Plentong

: PLN Nusantara Power melalui salah satu unit pembangkitnya, UP Indramayu memanfaatkan dan mengubah Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) menjadi tetrapod sebagai pemecah ombak yang diaplikasikan di sekitar Pantai Plentong, Sukra, Indramayu.

Potensi ini juga sekaligus mengubah wajah kawasan itu menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi. "Kami akan terus berinovasi menghasilkan program-program yang manfaatnya akan dapat dirasakan oleh masyarakat," ujar Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah, Rabu (31/5/2023).

PLN Nusantara Power sendiri berkomitmen menyalurkan dalam bertumbuh kembang bersama lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah unit bisnisnya. Selain nyala terang listrik pihaknya juga menggandeng masyarakat sekitar untuk bergerak bersama membawa kebermanfaatan untuk semua.

Baca Juga: Lirik Lagu Sanes 'Ngancani nanging ora iso duweni..' yang Dipopulerkan Guyon Waton feat Denny Caknan

Program ini dilatarbelakangi oleh kenaikan air laut di pesisir Jawa yang mencapai 5,12 mm tiap tahunnya. Desa Ujunggebang yang berlokasi di wilayah sekitar PLTU Indramayu, telah terjadi hilang lahan sebesar 15,83 Ha daratan (terhitung 2008-2017) akibat abrasi.

Berdasarkan sosial maping yang dilaksanakan di Desa Ujunggebang pada tahun 2017, terdapat pengurangan fungsi lahan mencapai 50 Ha yang berpotensi mengancam pemukiman bagi 4.546 penduduk. Di dalamnya terdapat 8,1 Ha lahan pertanian dan pemukiman.

PLN Nusantara Power melihat ada potensi yang bisa dikembangkan di wilayah sekitar yang berbasis pengelolaan FABA. Mereka menerjunkan tim terbaiknya dalam melihat, memetakan dan juga merumuskan program CSR untuk mengatasi masalah abrasi ini.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Kampuang Nan Jauh Di Mato - Lagu Daerah Sumatera Barat

Sejak tahun 2017, PLN NP telah bekerja sama dengan kelompok masyarakat sekitar untuk berjalan bersama mewujudkan wisata berbasis pemberdayaan masyarakat di Pantai Plentong ini.

"FABA yang kami olah menjadi tetrapod dan diaplikasikan di Pantai Plentong ini ternyata menjadi salah satu magnet dalam menggaet wisatawan, di samping tujuan utamanya sebagai pemecah ombak penghalang abrasi," ujarnya.

Sebanyak 339 tetrapod dan 196,85 ton FABA telah di serap untuk membantu mencegah abrasi ini. PLN NP menggandeng dan mendampingi masyarakat untuk dapat membuat produk breakwater yang telah diteliti.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Memori Berkasih - Nella Kharisma

Pengembangan wisata Pantai Plentong pun telah terperinci yang dikerjakan secara berjama. Wisata Berbasis Masyarakat ini telah berhasil menyerap 40 tenaga kerja yang dikelola oleh Koperasi Plentong Maju Sejahtera.

Kelompok masyarakat yang terlibat pun telah memiliki keahlian dalam membuat produk breakwater serta produk beton dan turunannya sebagai upaya penanggulangan abrasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat