unescoworldheritagesites.com

Dukung Misi Dagang, Bank Jatim Bantu Promosikan UMKM Binaannya - News

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam misi dagang dan investasi di Padang

 

: Pemprov Jawa Timur kembali melaksanakan misi dagang dan investasi. Menyusul misi dagang dan investasi di Lampung pada Mei lalu, kali ini hal serupa dilaksanakan di Padang.

Misi dagang dan investasi yang digelar di Hotel ZHM Premiere Padang, ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, dan Direktur Manajemen Risiko Bank Jatim Eko Susetyono pada Senin (12/6/2023) kemarin.

Misi dagang dan investasi kali ini mengangkat tema Meningkatkan Jejaring Konektivitas Antara Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Sumatera Barat. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim ikut mendukung program Pemprov Jatim tersebut.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Kampuang Nan Jauh Di Mato - Lagu Daerah Sumatera Barat

Salah satu dukungannya adalah dengan mengikutkan tiga UMKM binaannya untuk memperluas pasar. Ketiga UMKM tersebut adalah Diamonte (dari Mojokerto), Beeze Honey (dari Surabaya), dan Kopi Luwak Dampit (dari Malang).

Menurut Eko, UMKM telah menjadi salah satu penyokong Indonesia khususnya Jawa Timur, dalam melewati berbagai fase perekonomian.
Bank Jatim sendiri sudah berkomitmen untuk selalu hadir dalam mendukung dan memberikan solusi bagi perkembangan UMKM.

“Bukan hanya support di bidang pendanaan, Bank Jatim juga menghadirkan solusi bagi perkembangan UMKM di Jawa Timur baik pada sisi promosi maupun akses pasar. Karena itu, kami fasilitasi UMKM binaan Bamk Jatim untuk ikut misi dagang di Padang ini,” ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Memori Berkasih - Nella Kharisma

Menurut Eko, UMKM bukan hanya membutuhkan dukungan finansial untuk modal kerja ataupun pengadaan bahan baku saja. Tapi yang lebih penting adalah peningkatan kualitas serta pemasaran produk dan memperluas basis konsumen.

“UMKM butuh untuk terus naik kelas, bukan hanya menjadi jawara di daerah tetapi juga berkontribusi secara nasional dan bersaing secara global," kata Eko.

Bank Jatim, kata Eko juga mendorong UMKM binaannya agar melek teknologi digital. Salah satu caranya dengan memfasilitasi transaksi menggunakan QRIS Bank Jatim. Dengan QRIS, pembeli dan pedagang bisa dengan mudah berinteraksi dalam melakukan transaksi keuangan

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Cerita Cinta - Kahitna

Pihaknya berharap, laju perdagangannya bisa semakin meningkat. “Maka dari itu, UMKM yang kami bawa ke Padang ini juga sudah memanfaatkan QRIS Bank Jatim dalam melakukan transaksi pembayaran dengan pembeli. Praktis dan cepat tinggal scan barcode,” ujarnya.

Sementara dalam misi dagang dan investasi di Padang kali ini, berhasil mencatatkan komitmen transaksi lebih dari Rp220,8 miliar. Menurut Khofifah, kegiatan seperti ini merupakan bagian dari penguatan partnership untuk meningkatkan hubungan produktivitas dan hubungan ekonomi dengan Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat