unescoworldheritagesites.com

Mengelola dan Melacak Kargo Lebih Efisien, Pelindo Solusi Digital Hadirkan Layanan Komprehensif PTOS-M - News

Produk Layanan PTOS-M hadir untuk membantu operator terminal dalam mengelola berbagai kargo umum, curah cair, dan curah kering (Ist)

: Pelabuhan merupakan titik penting dalam peradaban manusia. Fungsi Pelabuhan sebagai pusat perdagangan seiring dengan perkembangan teknologi dan globalisasi menjadi kunci penting dalam menghubungkan ekonomi dunia. Khususnya bagi negara kepulauan seperti Indonesia, pelabuhan memiliki peran strategis dalam memfasilitasi mobilitas barang dan orang antar-pulau. Dengan lebih dari 17.001 pulau, Indonesia memiliki beberapa pelabuhan besar yang menjadi pusat ekonomi regional dan nasional.

Pengelolaan pelabuhan sendiri melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN), dan sektor swasta. Pemerintah memiliki peran dalam kebijakan regulasi, perencanaan infrastruktur, dan pengawasan keselamatan di pelabuhan. BUMN, seperti Pelindo di Indonesia, seringkali bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengoperasian pelabuhan secara langsung.

Pelindo selaku pengelola operasional dan pengembangan Pelabuhan di Indonesia bertanggung jawab atas sejumlah Pelabuhan strategis di berbagai wilayah Indonesia. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pelindo memiliki peran strategis dalam memajukan sektor pelabuhan di Indonesia.

Pengelolaan yang baik dan efisien dari Pelindo diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar- pulau, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan memfasilitasi perdagangan domestik maupun internasional di Indonesia.

Baca Juga: Perkokoh Industri Kepelabuhanan, Kemenhub Berkolaborasi dengan Pelindo

Pelindo, sebagai perusahaan pelabuhan milik negara, telah mengadopsi teknologi layanan kapal untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasionalnya. Teknologi layanan kapal melibatkan pemanfaatan sistem informasi, perangkat lunak, dan perangkat keras modern yang dirancang khusus untuk mendukung berbagai aspek kegiatan kapal, termasuk manajemen kapal, manajemen kargo, navigasi, dan komunikasi.

Dengan adanya perkembangan bisnis terminal Multipurpose yang disertai dengan perkembangan industri seperti industri bahan mentah, material, pengiriman hewan dan lainnya. Pelindo Solusi Digital selaku anak perusahaan dari Pelindo membawa solusi sistem layanan komprehensif yang dapat membantu dalam mengelola berbagai kargo yakni Produk Layanan PTOS-M.

Produk Layanan PTOS-M hadir untuk membantu operator terminal dalam mengelola berbagai kargo umum, curah cair, dan curah kering mulai dari perencanaan, pengoperasian, pemantauan, dan pelaporan. Dengan menggunakan PTOS-M, operator terminal dapat mengurangi beberapa risiko manual pencatatan seperti tingginya resiko hilang data, risiko kehilangan data rendah. keakuratan data, lambat penanganan operasi dan kompleksitas kegiatan perencanaan yang ada dilakukan secara manual.

Baca Juga: Kenalkan Pelindo dan BUMN, Dirut PT Pelindo Terminal Petikemas Mengajar di SMA 1 Solo

Beberapa manfaat yang dihadirkan oleh sistem Produk Layanan PTOS-M yakni:

  1. Pengurangan risiko manual pencatatan: PTOS-M membantu mengurangi risiko kehilangan data dan meningkatkan keakuratan data dengan menggantikan pencatatan manual yang rentan terhadap kesalahan dan kehilangan informasi.
  2. Peningkatan fungsi perencanaan dan pengendalian : PTOS-M menggunakan teknologi dan sistem informasi yang canggih untuk memastikan efisiensi, keteraturan, dan ketepatan waktu dalam berbagai aspek operasional terminal.
  3. Peningkatan efisiensi operasional: Dengan PTOS-M, penanganan operasi menjadi lebih cepat karena prosesnya dapat diotomatisasi dan dikelola secara lebih terintegrasi. Hal ini dapat mengurangi waktu tunggu, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.
  4. Pemantauan yang lebih baik: PTOS-M menyediakan kemampuan pemantauan real-time terhadap kinerja operasional terminal dan status kargo. Hal ini memungkinkan operator terminal untuk mengidentifikasi masalah potensial lebih awal dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan kelancaran operasi.
  5. Pelaporan yang lebih baik: PTOS-M menyediakan laporan yang komprehensif dan mudah dipahami tentang berbagai aspek operasional terminal dan kargo. Laporan ini dapat membantu operator terminal dalam pengambilan keputusan strategis, pemantauan kinerja, dan pemenuhan persyaratan regulasi.

Baca Juga: Pelindo Siapkan 3600 Sand Bag, Cepat Perbaiki Tanggul Jebol Milik Lamicitra

Dengan adanya PTOS-M, operator terminal dapat mengandalkan sistem otomatis untuk mengelola dan melacak kargo dengan lebih efisien. Hal ini dapat membantu meningkatkan efektivitas operasional terminal dan mengoptimalkan proses pengiriman kargo. Produk Layanan PTOS-M. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat