unescoworldheritagesites.com

Ditjen Hubdat Grounbreaking Terminal Tipe A Air Sebakul untuk Mempercepat Pembangunan Infrastruktur - News

grounbreaking Terminal Tipe A  Air Sebakul

: Sebagai perwujudan percepatan pembangunan infrastruktur di bidang transportasi darat, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat) melakukan groundbreaking menandai dimulainya pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Air Sebakul Kota Bengkulu, Selasa (8/8/2023).

Pembangunan terminal ini merupakan bagian dari program revitalisasi Terminal Tipe A secara nasional yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Direktur Jenderal (Dirjen) Hubdat, Hendro Sugiatno mengatakan, dengan mengusung konsep new terminal disertai kearifan lokal sosial budayanya, Terminal Tipe A Air Sebakul ke depannya dilengkapi dengan fasilitas utama, fasilitas penunjang, dan fasilitas komersil untuk mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah.

“Konsep perencanaan dari pembangunan Terminal Tipe A Air Sebakul nantinya terintegrasi dengan pusat kegiatan masyarakat setempat seperti perkantoran, pendidikan, dan pemukiman serta mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru wilayah (mix use),” tutur Hendro.

Baca Juga: Dirjen Hubdat Letakan Batu Pertama Pembangunan New Modern Terminal Tipe A Cepu, Blora

Dia berharap, Pemerintah Daerah dapat mengoptimalisasikan layanan terminal dengan pola kepengusahaan guna mendukung pemulihan ekonomi nasional untuk memberikan perhatian khusus yang berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja serta mendorong usaha mikro, kecil, menengah dan besar.

Kemenhub juga membuka kesempatan kepada berbagai pihak termasuk swasta, BUMN maupun BUMD untuk bekerja sama dalam pengembangan infrastruktur Terminal Penumpang Tipe A Air Sebakul melalui berbagai skema kerja sama yang dapat melibatkan pihak ketiga.

Menurut Hendro, pembangunan revitalisasi Terminal Tipe A Air Sebakul dibagi dalam dua tahap pengerjaan dengan total anggaran sebesar Rp 25 miliar.

“Pada tahun 2023 ini untuk pekerjaan struktur dengan sumber dana SBSN sebesar Rp10 miliar akan dilakukan pengerjaan persiapan, struktur gedung, arsitek Lt.1, arsitek Lt. II, MEP, dan supervisi,” tutur Hendro.

Baca Juga: Dirjen Hubdat Letakan Batu Pertama Pembangunan New Modern Terminal Tipe A Cepu, Blora

Selain itu, untuk tahap 2 (dua) pengerjaan finishing dengan anggaran sumber dana SBSN sebesar Rp15 miliar yaitu melakukan pekerjaan arsitektur, atap, kanopi, arsitek Lt.1, arsitek Lt. II, MEP, furniture, signage, landscape dan supervisi.

“Sehingga pada tahun 2024 mendatang terminal sudah dapat dioperasikan secara fungsional,” kata Hendro.

Menurut dia,  mulai dari pembangunan, pengembangan dan pengoperasian sarana dan prasarana infrastruktur Terminal Penumpang Tipe A tidak bisa jika hanya dilakukan oleh Kemenhub. Oleh karena itu, diperlukan dukungan yang baik dari Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Ditemani Gibran, Ganjar Kunjungi Panti Sosial di Solo Sempatkan Pijat Punggung

Di sisi lain Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah menyebutkan, dengan adanya kegiatan revitalisasi Terminal Tipe A Air Sebakul dengan luas lahan 66.210 m2 ini tentunya menjadi sebuah pembangunan yang ditunggu masyarakat Bengkulu.

Pasalnya, lokasi terminal ini termasuk dalam wilayah pengembangan perkotaan di mana akan berdekatan dengan Bengkulu Otoring Road Lingkar Kota Bengkulu yakni dengan Pintu Tol yang menghubungkan Kota Bengkulu dan kawasan tengah Pulau Sumatera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat